Hari Kesaktian Pancasila 2022 dan Pembacaan Naskah Ikrar

Hari Kesaktian Pancasila

Menit.co.id – Hari Kesaktian Pancasila 2022 jatuh pada hari Sabtu, 1 Oktober. Ini merupakan momen penting bagi bangsa Indonesia.

Untuk memperingatinya, akan di adakan upacara bendera dengan agenda pembacaan naskah ikrar Hari Kesaktian Pancasila dan di ikuti penandatangan ikrar.

Mengutip dari Kesbagpol, upacara hari Kesaktian Pancasila berlangsung di Monumen Lubang Buaya, Jakarta Timur, setiap tanggal 1 Oktober.

Umumnya ikrar Kesaktian Pancasila di baca oleh Ketua DPR atau pejabat yang mewakili bila berhalangan.

Pada upacara Hari Kesaktian Pancasila 2021 lalu, Ketua DPR Puan Maharani, membacakan ikrar Kesaktian Pancila.

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Hari Kesaktian Pancasila jatuh pada tanggal 1 Oktober 2022. Peringatan ini di latarbelakangi oleh peristiwa kelam pemberontakan G30S/PKI yang terjadi pada tahun 1965.

Dalam peristiwa tersebut, tujuh perwira TNI AD di culik dan di temukan tewas di Lubang Buaya lantaran PKI menuduhnya hendak melakukan makar terhadap Presiden Soekarno melalui Dewan Jenderal.

Mereka adalah:

  • Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani
  • Mayor Jenderal Raden Soeprapto
  • Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono
  • Mayor Jenderal Siswondo Parman
  • Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan
  • Brigadir Jenderal Sutoyo Siswodiharjo
  • Lettu Pierre Andreas Tendean

Ketujuh orang tersebut pun di anugerahi gelar pahlawan revolusi dan menaikan pangkatnya secara anumerta.

Tanggal 1 Oktober, bagi bangsa Indonesia menjadi Hari Kesaktian Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967.

Naskah Ikrar Kesaktian Pancasila

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

Bahwa sejak di proklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Rongrongan tersebut di mungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara;

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang di landasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.