Hari Pahlawan Tanggal 10 November 2022

Hari Pahlawan

Menit.co.id – Hari Pahlawan tanggal 10 November 2022 adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Hari Pahlawan diambil dari peristiwa pertempuran besar di Surabaya antara tentara Indonesia melawan pasukan Inggris.

Peristiwa 10 November 1945 menjadi pertempuran pertama Indonesia dengan pasukan penjajah setelah Kemerdekaan.

Tak hanya itu, pertempuran Surabaya juga menjadi salah satu pertempuran terbesar dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia.

Inilah mengapa tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan. Menjadi salah satu peringatan penting Republik Indonesia (RI), lantas apakah Hari Pahlawan merupakan libur tanggal merah?

Apakah Hari Pahlawan Libur Tanggal Merah?

Pemerintah telah menetapkan hari libur nasional 2022 dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri.

SKB tersebut adalah SK Menteri Agama Nomor 678 Tahun 2022, SK Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2022, serta SK Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 2 Tahun 2022.

Merujuk SKB 3 Menteri, Hari Pahlawan 10 November 2022 bukan termasuk tanggal merah atau hari libur nasional. Dengan begitu, siswa sekolah atau pekerja tidak dapat menikmati hari libur di tanggal 10 November 2022 yang jatuh pada Kamis.

Cara Memperingati

Adapun dalam Pedoman Hari Pahlawan 2022, 10 November diwarnai dengan kegiatan mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

Kegiatan tersebut, salah satunya berupa upacara bendera di instansi pemerintah dan non-pemerintah, baik pusat, daerah, maupun luar negeri melalui Kantor Perwakilan RI.

Sementara itu, kegiatan utama dalam rangka peringatan Hari Pahlawan di pusat, antara lain:

Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata pada 10 November 2022 pukul 08.00 WIB dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Upacara Tabur Bunga di Laut tanggal 10 November 2022 pukul 08.00 WIB di Perairan Teluk Jakarta dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.