Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Ini Sejarah Awalnya

Hari Sumpah Pemuda

Menit.co.id Hari Sumpah Pemuda jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Peringatan Hari Sumpah Pemuda jatuh pada hari Jumat, 28 Oktober 2022.

Sumpah Pemuda merupakan suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang di inisiasi para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sendiri di antaranya nilai gotong royong, patriotisme, musyawarah, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan, kekeluargaan, cinta damai, dan tanggung jawab.

Sejarah Hari Sumpah Pemuda

Lahirnya Sumpah Pemuda bermula dari Kongres Pemuda II yang di gagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) dan di hadiri oleh organisasi pemuda.

Di antaranya Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Islamieten Bond, Jong Celebes, Sekar Rukun, Jong Ambon, dan Pemuda Kaum Betawi.

Kongres ini di tiga gedung serta tiga rapat yang berbeda untuk menghasilkan Sumpah Pemuda:

1. Rapat Pertama (Sabtu, 27 Oktober 1928)
2. Rapat kedua (Minggu, 28 Oktober 1928)
3. Rapat ketiga (Minggu, 28 Oktober 1928)

Berikut ini adalah isi dari Kongres Sumpah Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 :

  • Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
  • Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  • Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda memiliki cerita sejarah dan tujuan yang sakral bagi bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan sebuah tekad dan semangat para pemuda-pemudi Indonesia dalam menegakkan kemerdekaan dari jajahan negara asing.

Oleh sebab itu, Sumpah Pemuda memiliki rasa nasionalisme yang tinggi berkat semangat perjuangan yang terkandung di dalamnya. Berikut makna sumpah pemuda:

1. Menyatukan Perjuangan Bangsa Indonesia
2. Menekankan Kebanggaan akan Bahasa Indonesia
3. Menjaga Keutuhan Bangsa