Ini Kata Astronom Soal Video Viral Kilatan Hijau di Langit Jogja

Video Viral Kilatan Hijau di Langit Jogja

MENIT.CO.ID – Sebuah video yang menampilkan kilatan cahaya hijau di langit Jogja telah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Kilatan misterius tersebut diduga merupakan fenomena meteor.

Peristiwa kilatan hijau di langit Jogja tersebut terjadi pada Sabtu malam (5/5). Sejumlah ahli astronomi memberikan analisis mereka terkait fenomena tersebut.

Menurut Marufin Sudibyo, seorang astronom amatir Indonesia yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Lembaga Falakiyah PBNU, kilatan tersebut merupakan meteor terang atau fireball. Kilatan tersebut memiliki tingkat kecerahan yang lebih besar dari Venus dan teramati bergerak dari selatan ke utara.

Marufin juga menyebutkan bahwa kilatan tersebut tidak hanya terpantau di langit Jogja, tetapi juga dilaporkan oleh beberapa warga di wilayah timur dan utara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), serta di kawasan Jogja, Solo Raya, Magelang, dan Semarang.

Selain itu, Marufin menjelaskan bahwa kilatan tersebut terekam tanpa titik spike, yang merupakan ciri khas pemecah belahan atau fragmentasi saat memasuki atmosfer Bumi. Meteor ini juga tidak menghasilkan dentuman suara atau sonic boom, dan memiliki magnitudo antara -6 hingga -7.

Marufin menduga warna hijau pada ekor meteor tersebut disebabkan oleh konsentrasi Nikel yang tinggi, serta menduga bahwa meteor ini merupakan pecahan asteroid. Dia menegaskan bahwa fenomena seperti ini tergolong wajar dalam dunia astronomi.

Lebih lanjut, Marufin menyatakan bahwa meteor tersebut bukan bagian dari hujan meteor Eta Aquarid yang dijadwalkan terjadi pada 5 dan 6 Mei 2024. Meteor terang ini memiliki lintasan yang berbeda dan terlihat sebelum tengah malam, sehingga bukanlah bagian dari meteor Eta Aquarid.

Marufin juga memastikan bahwa dampak dari meteor ini terhadap Bumi tidak signifikan, mengingat Bumi sudah biasa menerima hujan meteor dengan rata-rata 44 ton per hari.

Dengan demikian, kilatan hijau di langit Jogja bukan hanya sekadar isu di media sosial, tetapi merupakan fenomena astronomi sejati yang menarik untuk diamati dan dipelajari lebih lanjut.