Inilah Tugas dan Kerja Anggota Paspampres

Anggota Paspampres

MENIT.CO.ID – Sudah tahu apa saja tugas dan kerja anggota Paspampres? Inilah tugas dan kerja anggota Paspampres yang jarang diketahui oleh masyarakat.

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) adalah pasukan khusus yang dibentuk oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat terhadap Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya.

Paspampres juga bertugas untuk mengamankan tamu negara setingkat kepala negara/pemerintahan beserta keluarganya.

Tugas dan kerja anggota Paspampres sangatlah berat dan penuh tanggung jawab. Mereka harus selalu siap untuk melindungi keselamatan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya dari segala ancaman, baik ancaman fisik maupun non-fisik.

Berikut adalah beberapa tugas dan kerja anggota Paspampres:

Pengamanan fisik langsung jarak dekat

Anggota Paspampres bertugas untuk mengawal dan melindungi Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya secara langsung. Mereka harus selalu berada di dekat Presiden dan Wakil Presiden, baik saat sedang berada di dalam maupun di luar ruangan.

Pengamanan instalasi dan objek vital

Anggota Paspampres juga bertugas untuk mengamankan instalasi dan objek vital yang digunakan oleh Presiden dan Wakil Presiden, seperti Istana Kepresidenan, rumah dinas Presiden dan Wakil Presiden, serta pesawat kepresidenan.

Pengamanan perjalanan dinas

Anggota Paspampres bertugas untuk mengamankan perjalanan dinas Presiden dan Wakil Presiden, baik di dalam maupun di luar negeri.

Pengamanan protokoler

Anggota Paspampres juga bertugas untuk melaksanakan tugas protokoler khusus pada upacara-upacara kenegaraan.

Untuk menjalankan tugas dan kerja tersebut, anggota Paspampres harus memiliki kualifikasi yang tinggi. Mereka harus memiliki fisik yang prima, kemampuan bela diri yang mumpuni, dan keterampilan khusus dalam bidang intelijen dan keamanan.

Anggota Paspampres juga harus memiliki mental yang kuat dan disiplin yang tinggi. Mereka harus siap untuk menghadapi segala ancaman dan tantangan, baik dalam kondisi normal maupun dalam keadaan darurat.

Paspampres merupakan pasukan elit yang selalu siap untuk melindungi Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya. Mereka berperan penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan negara.