Keluarga Minta Perlindungan Hukum untuk Bharada E

Perlindungan Hukum Bharada E

Menit.co.id – Keluarga ungkap sosok Bharada E hingga minta perlindungan hukum atas peristiwa kasus pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam Polri tersebut.

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu menjadi salah satu tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadi J.

Kasus pembunuhan pada 8 Juli 2022 lalu di rumah dinas Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, menjadi topik besar hingga menghebohkan publik di Indonesia.

Bagaimana sosok Bharada E di mata keluarga?

Sepupu Bharada E, Tasya bercerita bahwa Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu merupakan sosok yang di kenal memiliki kepribadian baik di mata keluarga.

Ia juga di kenal memiliki ketertarikan terhadap alam, yang membawannya menjadi seorang instrukstur vertical rescue.

“Dia itu anak baik, dengar-dengar kepada orang tua, penyayang, peduli lingkungan, masuk di komunitas pencinta alam, terus dia juga bertanggung jawab,” ujar Tasya, Rabu (10/8/2022).

Ia mengaku pernah tinggal serumah dengan Eliezer sewaktu kecil, hingga umur belasan tahun di Manado. Tasya ingat, sebelum menjadi anggota Brimob, Bharada E pernah bekerja di beberapa tempat.

Eliezer juga pernah bekerja sebagai sopir, demi membantu ayahnya di salah satu perusahaan. Tak hanya itu, ia juga kerap membantu sang ayah mengangkut barang.

“Pokoknya anak yang dengar (perintah orang tua) dan suka bantu orang tua. Dia secara pribadi jadi panutan untuk saya,” katanya.

Bharada Richard Eliezer Taat Beragama

Tak hanya itu, Tasya juga menyebut Eliezer termasuk seorang pemeluk agama yang taat. Ia kerap mengucapkan selamat natal kepada keluarga dan menunggah foto saat berada di gereja.

“Di antara kita keluarga, dia termasuk anak yang paling baik. Dia juga anak yang berprestasi. Dan mempunyai suara yang bagus. Pernah menyanyi di TVRI, dan juga bisa panjat tebing,” jelasnya.

Pihaknya berharap ada perlindungan hukum yang diberikan kepada Bharada E. Ini disebutnya juga menjadi harapan keluarga di Manado.

“Kita cuma minta perlindungan untuk kakak saya, sesuai hukum karena kita tinggal di negara hukum dengan pasti mau bagaimana pun Tuhan pasti buka kan semuanya. Jadi kita menyerahkan semuanya pada Tuhan. Minta perlindungan HAM untuk kakak saya dan keluarga,” katanya.

Bharada E Jadi Tersangka Kasus Brigadir J

Bharada E di ketahui di tetapkan menjadi tersangka pembunuhan setelah sebelumnya di sebut melakukan aksi bela diri terkait tewasnya Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

Selain dijerat pasal pembunuhan, Bharada Richard Eliezer Pudihang LumiuĀ  juga di jerat pasal turut serta. Pengakuan demi pengakuan Bharada Eliezer selama di tahan Rutan Bareskrim membuat tabir misteri kasus kematian Brigadir J kian menemukan titik terang.

Selain Bharada Eliezer, tiga tersangka lainnya juga menjadi tersangka dalam kasus ini mereka adalah Brigadir RR, K dan Irjen Ferdy Sambo yang di ketahui kemudian sebagai dalang kematian Brigadir Yoshua atau Brigadir J.

Seiring dengan berjalannya kasus polisi tembak polisi ini, Bharada Eliezer juga mengajukan perlindungan hukum ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dengan menjadi justice collaborator (JC).

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS