Ketua Pengadilan Agama Dumai Resmi Dijabat Khoiriyah Roihan

  • Bagikan
Ketua Pengadilan Agama Dumai Resmi Dijabat Khoiriyah Roihan
Ketua Pengadilan Agama Dumai Kelas IB resmi dijabat Khoiriyah Roihan, S.Ag.,M.H. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dipimpin Ketua Pengadilan Agama Tinggi Pekanbaru Dr. H. HARUN. S, S.H., M.H.

Menit.co.id – Ketua Pengadilan Agama Dumai Kelas IB resmi dijabat Khoiriyah Roihan, S.Ag.,M.H. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dipimpin Ketua Pengadilan Agama Tinggi Pekanbaru Dr. H. HARUN. S, S.H., M.H.

Acara pelantikan berlangsung di Gedung Pendopo Kota Dumai, Kamis 8 Juli 2021. Selain melantik Khoiriyah Roihan, S.Ag.,M.H, juga dibarengi dengan pelantikan Ketua Pengadilan Agama Ujung Tanjung Kelas II B Surya Darma Panjaitan, S.H.I., M.H.

Khoiriyah Roihan, S.Ag., M.H., sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Dumai. Mantan Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Kelas IIB, Khoiriyah, S.Ag., M.H., kini didapuk menjadi Ketua Pengadilan Agama Dumai.

Khoiriyah, S.Ag., M.H., sejatinya memiliki ikatan emosional yang kuat dengan Pengadilan Agama. Terhitung sejak 1 Maret 1999 wanita kelahiran Palembang 24 September 1974 ini telah memulai karirnya di Pengadilan Agama Bengkalis sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil.

Perjalanan karirnya terbilang cukup moncer di Pengadilan Agama Bengkalis. Semakin meningkat prestasinya dengan dilantiknya ibu dari 3 orang anak ini menjadi Kepala Urusan Keuangan Pengadilan Agama Bengkalis pada tahun 2001.

Kemudian dilantik menjadi Jurusita Pengadilan Agama Bengkalis pada tahun 2002 dan Panitera Pengganti Pengadilan Agama Bengkalis pada tahun 2004.

Setelah hampir 5 tahun menjabat sebagai Panitera Pengganti Pengadilan Agama Bengkalis, pada tahun 2009 Khoiriyah Roihan mendapat promosi sebagai Hakim Pengadilan Agama Sekayu setelah serangkaian tes calon hakim dilaluinya.

Dan dari Pengadilan Agama Sekayu inilah Khoiriyah Roihan, S.Ag., M.H., memulai perjalanan karir sebagai calon pimpinan Peradilan Agama. Di tahun 2013 lulusan pasca sarjana Hukum Ekonomi dan Bisnis Universitas Sriwijaya ini mutasi sebagai Hakim di Pengadilan Agama Batam.

Selama 2 tahun berselang takdir membawa Khoiriyah Roihan kembali ke Pengadilan Agama Bengkalis sebagai Hakim dan dalam waktu yang tak begitu lama dirinya dilantik sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Kelas II B.

Sebagai Wakil Ketua, Khoiriyah Roihan, S.Ag, M.H., ikut berperan penting mendampingi Ketua Pengadilan Agama Bengkalis saat itu dalam mencapai visi dan misi dan meningkatkan prestasi Pengadilan Agama Bengkalis.

Peran Khoiriyah Roihan sangat dirasakan dalam memotivasi seluruh pegawai Pengadilan Agama Bengkalis untuk meningkatkan kualitas individu dan Pengadilan Agama Bengkalis itu sendiri.

Salah satu yang sangat dirasakan adalah perannya sebagai Ketua Standar Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Pengadilan Agama Bengkalis sehingga PA Bengkalis berhasil meraih predikat A excellent dalam Sertifikasi Standar Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM).

Walikota Dumai Paisal dan Khoiriyah Roihan
Walikota Dumai Paisal menghadiri prosesi pisah sambut Ketua Pengadilan Agama Dumai dari Dra. Hj. Rukiah Sari, S.H ke Khoiriyah Roihan, S.Ag., M.H., di Gedung Pendopo Kota Dumai.

Kini perempuan yang dipersunting DR. Eng. Mohamad Syahminan, S.T,M.T. itu menjabat sebagai Ketua Pengadilan Agama Dumai. Ditempat PA Dumai, Khoiriyah Roihan akan bekerja mewujudkan Pengadilan Agama Dumai menuju kelas I A.

Pada kesempatan itu, Walikota Dumai Paisal mengucapkan selamat kepada ibu dari Asya Fitrah Raihana, Muhammad Rasyid Faqih dan Aisya Jihan Inayah tersebut, mendapat amanah sebagai Ketua Pengadilan Agama Dumai.

“Atas nama pribadi dan Pemko Dumai, kami ucapkan tahniah. Selamat bertugas. Semoga kerjasama antara jajaran PA dan Pemko Dumai yang sudah terjalin baik selama ini, ke depannya akan semakin lebih baik lagi,” ucap Paisal.

  • Bagikan