Marsekal Muda Novyan Samyoga Meninggal Dunia

Marsekal Muda Novyan Samyoga

Menit.co.id – Marsekal Muda Novyan Samyoga meninggal dunia pada Senin (3/10) kemarin. Dia merupkan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II.

Kabar duka Marsekal Muda Novyan Samyoga meninggal dunia ini dipastikan oleh Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama Indan Gilang Buldansyah.

“Iya betul (meninggal dunia), mohon doanya,” kata Indan melalui pesan singkat mengutip laporan Kompas.

Sementara informasi yang diperoleh dari Dispen TNI AU, Novyan Samyoga meninggal karena sakit dalam perawatan di RSPAD Gatot Soebroto.

Saat ini jenazah disemayamkan di rumah duka yang berada di Kompleks Perumahan TNI AU Halim Perdanakusuma.

Rencananya Novyan akan dimakamkan pada esok hari. “Rencana pemakaman besok, tempat menyusul,” tulis Dispen TNI AU dalam pesan elektronik.

Sebagai informasi, Novyan merupakan perwira tinggi TNI Angkatan Udara bintang dua.

Belum lama, Novyan baru mendapat promosi jabatan dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dari Kepala Staf Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) menjadi Pangkogabwilhan II.

Novyan menggantikan Marsekal Madya Imran Baidirus yang menjadi perwira tinggi Markas Besar TNI Angkatan Udara dalam rangka pensiun.

Dalam ranah jabatan kemiliterannya, jebolan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1989 itu pernah menduduki posisi strategis di lingkungan TNI.

Pada 2015-2016 lalu, Novyan mengemban posisi Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional I dan Komandan Lanud Adisutjipto pada 2018-2019.

Selanjutnya menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara pada 2018-2019 dan Wakil Komandan Jenderal Akademi TNI pada 2019.

Kemudian Wakil Inspektur Jenderal TNI pada 2019-2020, Panglima Komando Operasi Angkatan Udara III pada 2020-2021, Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional pada 2021-2022, dan terakhir Kepala Staf Koopsudnas.