Menilik Sejarah dan Fakta Harta Soekarno di Swiss

Harta Soekarno

MENIT.CO.ID – Apakah kamu pernah mendengar kabar soal harta Soekarno di Swiss? Yuk simak sejarah dan fakta harta Soekarno yang masih jadi buah bibir ini.

Istilah harta karun Soekarno ada dalam berbagai versi, mulai dari dana revolusi, dana perjuangan, hingga harta amanah. Salah satu isu mengenai harta peninggalan Soekarno yakni emas di Swiss.

Konon, keberadaan emas ini berawal dari pertemuan Soekarno dengan Presiden Amerika Serikat John F Kennedy, pada 14 November 1963.

Mereka di sebut telah membuat The Green Hilton Memorial Agreement yang ditandatangani di Hotel Hilton Geneva, 21 November 1963.

Menurut catatan Safari ANS, penulis buku Harta Amanah Soekarno, emas itu di simpan di United Bank of Switzerland (UBS).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Puan Maharani sempat menyanggah isu adanya aset kakeknya di Swiss.

“Kan dari awal sudah di katakan, berkaitan dengan isu yang ada Swiss itu kami keluarga tidak tahu menahu,” kata Puan, melansir dari Tribunnews.com.

Menurutnya, isu mengenai keberadaan harta Soekarno di Swiss belum dapat di buktikan.

“Dan saya di sini posisinya hanya cucu, tapi dari sepengetahuan yang saya tahu dari ibu saya, ibu Megawati, bahwa hal itu tidak ada dan belum bisa dikatakan ada dan belum terbukti,” tutur Puan.