Perkembangan Kasus Vina Cirebon: Masyarakat Harus Bijak Saring Informasi

Perkembangan Kasus Vina Cirebon

MENIT.CO.IDPerkembangan kasus Vina Cirebon, membuahkan hasil yaitu dengan menangkap salah satu DPO yang selama ini menjadi buronan.

Dalam perkembangan kasus Vina Cirebon ini, Polisi berhasil menangkap DPO bernama Pegi Setiawan alias Perong di Bandung, Jawa Barat.

Kasus pembunuhan Vina, seorang gadis asal Cirebon, kembali menjadi perbincangan hangat. Merespons situasi ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon mengimbau masyarakat untuk bijak dalam menyaring informasi yang beredar, khususnya di media sosial, terkait kasus ini.

Penjabat Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi, menekankan bahwa banyak asumsi liar dan spekulasi tanpa sumber yang jelas bisa menimbulkan fitnah yang merugikan banyak pihak.

Belakangan ini, pengguna media sosial sering menyebarkan informasi yang tidak akurat mengenai identitas tiga tersangka pembunuh Vina dan temannya, Rizky atau Eky, di Cirebon.

“Kami berharap masyarakat lebih bijak dalam memilih dan memilah informasi mengenai kasus Vina ini. Penanganan kasus ini sudah ditangani oleh Polda Jabar dengan asistensi dari Bareskrim Polri,” ujar Agus, dikutip dari Antara.

Masyarakat diharapkan dapat mempercayakan penanganan kasus ini kepada pihak kepolisian agar para pelaku segera ditangkap karena kini status mereka masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Jangan sembarangan membagikan informasi yang belum tentu benar. Kita bisa menjadi bagian dari penyebar hoaks. Percayakan penanganan kasus ini kepada pihak berwenang karena prosesnya sedang berjalan,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Polres Cirebon Kota, AKBP Muhammad Rano Hadiyanto, menyatakan bahwa penanganan kasus pembunuhan ini masih terus berlanjut sejak 2016. Ia menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membantu Polda Jabar dalam mengusut kasus tersebut.

“Saat ini, kasus ini sedang ditangani oleh Polda Jabar dengan asistensi dari Bareskrim Polri. Kami juga ikut melakukan pendampingan dan nantinya informasi terbaru akan dirilis oleh Polda Jabar,” kata Rano.

Pemkot Cirebon mengingatkan bahwa menyebarkan informasi yang belum terverifikasi hanya akan memperkeruh suasana dan menambah beban bagi keluarga korban serta pihak yang berwenang dalam proses penyelidikan.

Perkembangan Kasus Vina Cirebon: Pegi Setiawan alias Perong Ditangkap

Kabar terbaru datang dari kasus pembunuhan Vina dan pacarnya di Cirebon yang menggemparkan publik pada tahun 2016 silam. Salah satu buronan dalam kasus ini, Pegi Setiawan alias Perong, akhirnya berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian.

Penangkapan Pegi dilakukan di Bandung pada malam hari, 21 Mei 2024, oleh tim gabungan dari Polda Jawa Barat dan Bareskrim Polri.

Pegi yang diketahui bekerja sebagai buruh bangunan di Bandung ini, telah lama menjadi DPO dalam kasus pembunuhan Vina dan pacarnya, Rizky alias Eky.

Menurut Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Jules Abraham, Pegi merupakan satu dari tiga pelaku yang masih buron. Penangkapan Pegi ini menjadi titik terang dalam pengusutan kasus yang sudah berlangsung selama 8 tahun ini.

“Saudara Pegi alias Perong yang saat ini kita ketahui bernama Pegi Setiawan dia merupakan warga Cirebon yang bekerja sebagai buruh bangunan,” ujar Kombes Pol Jules Abraham, Rabu (22/5/2024).

Pegi kini telah diamankan di Polda Jabar untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Polisi juga masih memburu dua pelaku lainnya yang masih buron, yaitu Andi dan Dani.

Penangkapan Pegi ini diharapkan dapat memberikan keadilan bagi keluarga korban dan membantu mengungkap motif di balik pembunuhan Vina dan Eky.