Pidato HUT PGRI 2022 yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

Pidato HUT PGRI 2022

Menit.co.id – Pidato HUT PGRI 2022 bisa kamu temukan dalam artikel ini. Kami akan memberikan pidato hari ulang tahun Pesatuan Guru Republik Indonesia.

Contoh pidato HUT PGRI 2022 yang terdapat di dalam artikel ini bisa menjadi referensi ketika memberikan sambutan pada peringatan peringatan Hari Guru tahun 2022.

Pidato Hari Guru biasanya disampaikan dalam rangka Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November 2022.

Peringatan Hari Guru menjadi kesempatan bagi siapa saja untuk menghormati jasa-jasa guru yang telah berperan penting dalam mencerdaskan bangsa Indonesia.

Seperti diketahui, guru merupakan sosok pahlawan tanpa tanda jasa yang berperan penting dalam pendidikan baik ilmu pengetahuan maupun karakter.

Saat perayaan Hari Guru biasanya dilakukan kegiatan upacara di sekolah-sekolah dan berbagai instansi pendidikan.

Dalam upacara Hari Guru, ada satu agenda yang tidak boleh dilewatkan, yaitu pembacaan pidato yang bertemakan guru dan pendidikan.

Pidato HUT PGRI 2022 ini berisi pesan-pesan dan ajakan untuk mengenang jasa para guru, sekaligus bentuk apresiasi kepada mereka.

Jika kesulitan membuat pidato Hari Guru, ada berbagai contoh pidato Hari Guru penuh makna dan menyentuh hati yang bisa ditemukan dengan mudah di internet.

5 Contoh Pidato HUT PGRI 2022

Berikut adalah 5 contoh pidato HUT PGRI 2022 yang bisa menjadi referensi untuk menyusun naskah pidato bertemakan Hari Guru seperti kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Contoh Pidato Hari Guru 2022

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena pada pagi yang cerah ini, kita dapat berkumpul dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional di sekolah kita tercinta, SMP Merdeka Luhur.

Pada kesempatan ini, saya mewakili teman-teman ingin menyampaikan terima kasih kepada guru-guru kami yang selama ini telah membimbing, mengajari dan mendidik kami dengan sabar. Tanpa guru-guru kami, mungkin kami tidak akan mengerti apa-apa, tidak bisa membaca dan menulis, tidak mengetahui ilmu-ilmu pengetahuan yang ada di luar sana. Tanpa mereka juga, mungkin kami tidak akan seperti sekarang, tidak akan bisa bersaing dengan siswa lain di luar sana.

Untuk itu sekali lagi kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesabaran serta dedikasi guru-guru kami selama ini. Walaupun terkadang kami bandel dan membuat guru-guru kami kesal dengan segala tingkah laku kami, namun mereka tetap sabar menghadapi kami, kami meminta maaf yang sedalam-dalamnya atas hal tersebut.

Akhir kata, di hari yang spesial ini, kami memiliki harapan-harapan untuk guru-guru kami tercinta, semoga guru kami selalu sehat dan senantiasa dalam lindunganNya agar bisa terus menjalankan tugas mulianya. Kami juga berharap semoga kami bisa mencontoh apa yang telah guru kami lakukan dan membanggakan beliau semua di masa depan dengan menjadi manusia yang berhasil dan sesuai dengan harapan guru-guru kami.

Sekian pidato singkat dari saya, sekali lagi saya mengucapkan selamat Hari Guru Nasional kepada segenap Bapak Ibu guru SMP Merdeka Luhur.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Contoh Pidato Hari Guru 2022

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang pada pagi yang cerah ini masih memberikan kita kesempatan untuk berkumpul dalam acara peringatan tahunan hari guru.

Pada hari yang berbahagia ini, izinkan saya menyampaikan sedikit pidato sebagai pengingat bagi kita semua atas jasa-jasa guru kita di momen yang sangat spesial ini.

Mungkin kita sudah sering mendengar semboyan bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa dan hal tersebut memang benar adanya. Selain memiliki tugas untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa, guru kita tercinta juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan pendidikan moral yang mana hal tersebut merupakan tugas yang berat.

Guru kita berjuang untuk membuka mata kita akan wawasan dunia yang luas serta ilmu pengetahuan yang sebelumnya tak pernah kita tahu, mereka membantu kita untuk berjuang mencapai cita-cita yang kita inginkan sehingga kita bisa menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas, berwawasan luas, dan membawa bangsa kepada kemajuan.

Seringkali guru-guru kita terlupakan ketika kita sudah mencapai kesuksesan di luar sana, meskipun tanpa guru-guru kita, mustahil kita bisa meraih mimpi-mimpi tersebut, namun guru-guru kita tetap tanpa pamrih mengerjakan tugasnya demi masa depan anak-anak bangsa. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita mengungkapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya serta memberikan penghormatan setinggi-tingginya atas perjuangan dan pengorbanan yang telah guru-guru kita lakukan.

Sebelum saya mengakhiri pidato ini, saya ingin menyampaikan sekali lagi kepada hadirin yang berbahagia bahwa guru sangat berjasa dalam hidup kita dan kita sudah sepatutnya mengucapkan terima kasih dan mengenang apa yang telah mereka lakukan kepada kita pada peringatan hari guru ini.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarkan kepada hadirin yang berkenan hadir di sini, saya kira cukup sampai di sini pidato singkat saya, semoga kita tetap menjadi orang-orang yang menghargai guru dan semoga guru-guru kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3. Contoh Pidato Hari Guru 2022

Pada hari ini kita semua diberi kesempatan untuk berkumpul bersama untuk memperingati hari guru nasional. Pada hari ini kita memiliki momen untuk mengenang jasa guru-guru kita.

Hadirin yang berbahagia, hari ini saya bisa berdiri di depan hadirin semua tak lain karena guru-guru saya.

Sosok guru yang selama ini kita gadang-gadangkan sebagai orang tua kedua kita, pada kenyataannya masih sering kita abaikan perintahnya, kita uji kesabarannya, tak kita hormati pengorbanannya. Padahal semua yang mereka lakukan tak lain adalah demi kebaikan kita, agar kelak kita menjadi orang yang sukses dan berbudi pekerti luhur.

Hadirin yang berbahagia, pada kesempatan ini izinkan saya menyampaikan rasa hormat dan terima kasih sebesar-besarnya kepada guru-guru saya, guru kita semua.

Bapak Ibu guru, terima kasih tak henti-hentinya saya sampaikan, atas semua dedikasi yang telah diberikan, kalian seperti pelita dalam ruangan yang gulita.

Kalian telah membuka pintu bagi kami menuju masa depan yang cerah di mana mimpi-mimpi kami berada.

Kalian suri tauladan, ketika kami terkadang hilang arah dalam perjalanan kami menuju kedewasaan.

Seringkali kami lupa, kami abai, dan sombong bahwa apa yang kami capai adalah hasil kerja keras kami sendiri.

Untuk itu, kami meminta maaf yang sebesar-besarnya, dan untuk itu kami menyadari bahwa semboyan guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa bukan sekadar semboyan.

Hadirin yang saya cintai, di momen peringatan hari guru nasional ini, marilah kita sejenak cium tangan guru-guru kita dan ucapkan betapa kita berterima kasih kepada beliau atas apa yang telah mereka berikan kepada kita selama ini.

Semoga seluruh guru di Indonesia tetap selalu menjadi penerang bagi anak-anak Bangsa yang tak pernah lelah menuntun menuju masa depan yang gemilang.

Sekian pidato singkat dari saya, terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh Pidato Hari Guru 2022

Alhamdulillah, rasa syukur kita haturkan kepada Allah SWT karena atas berkat, rahmat, dan kuasa-Nya kita dapat berkumpul di pagi yang berbahagia ini untuk memperingati Hari Guru nasional dalam keadaan sehat walafiat.

Sholawat dan salam kita haturkan untuk Nabi seluruh umat, Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari zaman Jahiliah menuju zaman Islam yang penuh berkah.

Hadirin sekalian, seperti yang kita tahu bahwa kurikulum pendidikan di negara kita sering berubah setiap tahunnya untuk menyesuaikan dan mencari kurikulum serta sistem pendidikan yang terbaik. Meskipun pada kenyataannya sistem pendidikan kita masih jauh di bawah negara lain, namun kita patut berbangga karena memiliki tenaga pengajar yang tak pernah lelah membimbing anak-anak kita.

Guru-guru di Indonesia, selain bertugas mendidik siswa, mereka juga harus berjuang untuk menyesuaikan kurikulum dan sistem yang terus berubah. Namun tak pernah lelah dalam menjalankan tugasnya, meskipun gaji yang diterima terkadang tak sepadan.

Maka pada momen yang berbahagia ini, kita diberi kesempatan untuk saling menguatkan dan saling menghargai demi menghormati Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Persatuan Guru Republik Indonesia menjadi wadah bagi guru untuk terus meningkatkan kualitas diri demi terciptanya pendidikan di Indonesia yang maju dan mampu bersaing dengan negara-negara lain.

Sekian pidato singkat saya, semoga harapan-harapan kita dapat terwujud di masa depan, aamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5. Contoh Pidato Hari Guru 2022

Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur yang sebesar-besarnya kepada Allah SWT. Atas rahmat yang diberikan sehingga kita bisa berkumpul pada hari yang berbahagia ini untuk memperingati Hari Guru Nasional dalam keadaan sehat.

Tak lupa sholawat kita panjatkan untuk junjungan kita semua, Nabi besar Muhammad SAW.

Hadirin yang berbahagia, hari ini merupakan hari yang spesial bagi seluruh guru di Indonesia karena pada momentum hari guru nasional ini kita diajak untuk mengenang jasa-jasa guru kita dan memiliki kesempatan untuk berterima kasih kepada mereka.

Guru-guru kita ibarat lentera terang di tengah kegelapan bagi kita semua, karena tanpa mereka yang membuka wawasan kita banyak hal, kita tidak akan tahu apa-apa. Guru-guru kita dengan sabar membimbing, mendidik, mengajari kita sehingga kita bisa mencapai impian kita.

Hadirin sekalian, tidak semua dari kita adalah anak yang memiliki kemampuan di semua pelajaran, atau cepat menangkap apa yang diajarkan. Terkadang kita begitu bandel dan sulit mengerti sesuatu.

Namun guru kita dengan sabar menghadapi itu semua, membimbing semua siswanya tanpa terkecuali, tak membeda-bedakan, selama bertahun-tahun. Dedikasi tersebut sesungguhnya sangat sulit untuk dilakukan apalagi tak jarang ada wali siswa yang protes karena nilai anaknya yang tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Saat ini tanggung jawab guru-guru kita semakin besar karena zaman semakin berubah, teknologi semakin maju, ilmu pengetahuan semakin berkembang. Tak mudah bagi guru untuk membuat anak-anak didiknya dapat bersaing di dunia luar yang semakin ketat dengan menanamkan wawasan sekaligus budi pekerti.

Untuk itu, pada momentum Hari Guru Nasional ini, saya ingin mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada seluruh guru di Indonesia, khususnya guru-guru kita di SMPN 02 Pelita Bangsa atas semua dedikasi yang telah diberikan untuk mendidik kami.

Sungguh tidak ada yang bisa kita lakukan untuk membalas jasa guru-guru kita selain membuat beliau bangga dengan apa yang kita capai di esok hari.

Saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya, karena sebagai murid, terkadang kami bandel dan susah diatur sehingga menambah tugas guru-guru kami.

Kami berharap, guru-guru kami selalu dilimpahi kesabaran dan kemudahan dalam menjalankan tugasnya mencetak generasi bangsa yang unggul dan berbudi luhur.

Terakhir saya mengucapkan selamat hari guru kepada guru-guru kami, panutan kami yang akan selalu kami kenang jasa-jasanya, kami menyayangimu.

Terima kasih. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.