PMI Jepang dan Kebumen Gelar Orientasi Sistem Peringatan Dini

Orientasi Sistem Peringatan Dini

Menit.co.id – Palang Merah Jepang dan Palang Merah Indonesia Kebumen mengadakan Orientasi Sistem Peringatan Dini program Kesiagaan Tanggap Darurat Bencanan Berbasi Masyarakat.

Orientasi Sistem Peringatan Dini berlangsung di aula markas PMI Kebumen selama dua hari. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kebencanaan bagi relawan SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat).

Adapun peserta yang hadir sejumlah 30 anggota relawan SIBAT dari empat desa dukungan Palang Merah Jepang (JRCS) dan dua desa binaan PMI Kebumen.

Anggota SIBAT terdiri dari empat desa dukungan program Palang Merah Jepang atau Japanese Red Cross Society (JRCS).

Desa Tanggulangin Kecamatan Klirong, Desa Tegalretno Kecamatan Petanahan, Desa Waluyorejo Kecamatan Puring, dan Desa Jladri Kecamatan Buayan.

Serta dua desa binaan PMI Kebumen yaitu Desa Sugihwaras Kecamatan Adimulyo dan Desa Purwodadi Kecamatan Kuwarasan.

Sisi lain kegiatan orientasi ini, relawan SIBAT dapat mensosialisasikan ilmu sistem peringatan dini kepada masyarakat di desanya dan membentuk SOP yang dapat dilegalkan pemerintah desa setempat.

Sementara narasumber dalam orientasi tanggap bencana ini adalah orang yang ahli dalam bidang kebencanaan yaitu R Endro Teguh Kusumo.

Kemudian kenapa lokasi yang menjadi kegiatan Kebumen, karena Kebumen rentan dengan bencana alam seperti banjir bahkan tsunami.

Dengan melihat letak geografis Kabupaten Kebumen yang wilayah sisi selatannya di dominasi dengan lautan. Tidak di pungkiri perlu relawan untuk mengedukasi masyarakat.

Dengan adanya kegiatan ini para peserta yang merupakan relawan SIBAT dapat belajar mengenai sistem peringatan dini. Bagaimana peran relawan di masyarakat, serta agar dapat mengetahui tugas-tugasnya.

Usai materi kelas, peserta orientasi melakukan simulasi kebencanaan gempa dan tsunami di halaman kantor PMI Kebumen.

Harapannya, nantinya para relawan dapat mempraktikkan perannya ke masyarakat luas jika suatu saat terjadi bencana di daerah Kebumen.

Exit mobile version