Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan
Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan.

MENIT.CO.ID – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Riau pada Sabtu (1/6/2024) mendatang.

Kunjungan ini akan mencakup upacara Hari Lahir Pancasila yang dipimpin oleh Presiden di Kota Dumai, tepatnya di lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Sebagai bagian dari persiapan, Penjabat Gubernur Riau, SF Hariyanto, melakukan peninjauan lokasi upacara pada Sabtu (25/5) untuk memastikan kesiapan tempat acara.

Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan yang didominasi oleh gambut menjadi perhatian utama, mengingat potensi keberceceran saat hujan. Solusi terbaik sedang dicari untuk mengatasi potensi masalah ini.

Sementara itu, Sekretaris Utama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Tonny Agung Arifianto, menjelaskan bahwa pemilihan Blok Rokan sebagai lokasi peringatan Harlah Pancasila bertujuan untuk memperkuat nasionalisme dan persatuan bangsa.

Blok Rokan, sebagai salah satu blok minyak terkaya di Indonesia, dijadikan simbol bahwa kesatuan dapat mengelola sumber daya alam untuk kesejahteraan bersama.

Pemilihan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” untuk Harlah Pancasila tahun ini mencerminkan visi Indonesia sebagai negara maju pada tahun 2045 saat genap 100 tahun merdeka.

Persiapan Matang Pemko Dumai Menyambut Kedatangan Presiden Jokowi

Menjelang kunjungan Presiden Joko Widodo ke Dumai, Pemerintah Kota (Pemko) Dumai telah mempersiapkan diri dengan serangkaian langkah yang termasuk dalam upaya menjalin koordinasi lintas sektor.

“Sudah dilakukan persiapan oleh Pemko Dumai, termasuk rapat koordinasi baik secara virtual maupun tatap muka. Rapat ini telah beberapa kali dilaksanakan,” ujar Sekretaris Kota (Sekko) Dumai, H Indra Gunawan.

Indra menambahkan bahwa rapat koordinasi tersebut melibatkan Paspampres, Sekretariat Kepresidenan, Pemerintah Provinsi Riau, Danrem 031 Wira Bima, Polda Riau, serta unsur Forkopimda setempat.

“Dalam rapat koordinasi tersebut, kami membahas sejumlah agenda penting terkait rencana kunjungan Presiden Jokowi. Diskominfotiksan Dumai juga turut serta dalam persiapan tersebut,” jelas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotiksan) Dumai, Khairil Adli.

Adli menjelaskan bahwa salah satu fokus persiapan Diskominfotiksan Dumai adalah menjaga agar jaringan komunikasi, termasuk internet, tetap lancar selama kunjungan tersebut.

“Diharapkan menjelang hari H, semua jaringan komunikasi dan internet dapat berjalan dengan lancar,” tambahnya.