Presiden Jokowi Ungkap Alasan Peringatan Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan

Presiden Jokowi Ungkap Alasan Peringatan Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan
Presiden Jokowi Ungkap Alasan Peringatan Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan.

MENIT.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan alasan mengadakan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 di Blok Rokan, Dumai, Riau.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa tujuan utama adalah untuk menunjukkan bahwa Blok Rokan kini sepenuhnya milik Indonesia.

“Kita ingin mengingatkan bahwa Blok Rokan di Dumai, Provinsi Riau, kini sudah 100% dimiliki oleh Pertamina, dikelola oleh negara kita Indonesia, dan sepenuhnya dijalankan oleh putra-putri bangsa,” ujar Jokowi setelah meninjau Pasar Senggol di Kota Dumai, Sabtu (1/6/2024).

Jokowi menyebutkan bahwa produksi minyak di Blok Rokan, Dumai, Riau, telah mencapai 162.000 barel per hari. Angka ini lebih tinggi dibandingkan saat blok tersebut dikelola oleh perusahaan Amerika Serikat, Chevron, yang hanya mencapai 130.000 barel per hari.

“Produksinya sekarang mencapai 162.000 barel per hari, lebih tinggi dari sebelumnya ketika dikelola oleh Chevron yang hanya 130.000,” kata Jokowi.

Jokowi menekankan bahwa produksi minyak Blok Rokan sepenuhnya dikelola oleh putra-putri Indonesia, dan terjadi peningkatan signifikan setelah pengelolaan diambil alih oleh Indonesia.

“Artinya, dikerjakan oleh anak-anak kita sendiri sehingga terjadi peningkatan yang baik. Saya memberi target agar produksi bisa melebihi 200.000 barel per hari,” jelasnya.

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 dipusatkan di Dumai, Riau, dengan Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara (irup).

Menurut tayangan yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (1/6), Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Melayu Teluk Belanga. Upacara tersebut diikuti oleh pelajar dan pegawai Pertamina.

Komandan upacara adalah Kombes Andri Ananta Yudhistira, yang menjabat sebagai Direskrimum Polda Jambi. Upacara berlangsung dengan khidmat dan dihadiri oleh sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Mensesneg Pratikno, Mendagri Tito Karnavian, Menlu Retno Marsudi, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Wakil Presiden ke-8 RI, Tri Sutrisno, turut mengikuti prosesi Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 secara virtual.

Turut hadir juga Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.