Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Teks dan Pidato Lengkap

MENIT.CO.IDProklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah peristiwa deklarasi kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Dalam hitungan hari, seluruh masyarakat Indonesia akan merayakan kemerdekaan yang diperingati pada 17 Agustus. Tahun ini, peringatan Kemerdekaan Indonesia jatuh pada hari, Kamis 17 Agustus 2023.

Nah, buat kamu yang lupa dengan bacaan teks Proklamasi Kemerdekaan, berikut ini kami tulisakan secara jelas dan sesingkat-singkatnya.

Proklamasi Kemerdekaan dibacakan oleh Soekarno dan Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat.

Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah sebagai berikut:

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara yang seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, 17 Agustus 1945

Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno-Hatta

Pidato yang dibacakan oleh Soekarno pada saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah sebagai berikut:

“Saudara-saudara sekalian,

Pada hari ini, tanggal 17 Agustus 1945, telah kita proklamasikan kemerdekaan kita. Hal ini kita lakukan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab. Kita tahu bahwa kemerdekaan yang kita peroleh ini tidak datang dengan mudah. Kita telah berjuang selama ratusan tahun untuk merebutnya.

Perjuangan kita untuk merebut kemerdekaan telah diwarnai oleh darah dan air mata. Namun, kita tidak pernah menyerah. Kita tetap berjuang sampai akhirnya kita berhasil memperoleh kemerdekaan kita.

Kemerdekaan yang kita peroleh ini adalah untuk kita semua, baik yang tua maupun yang muda, yang laki-laki maupun yang perempuan, yang kaya maupun yang miskin. Kita harus bersama-sama menjaga dan mempertahankan kemerdekaan kita.

Kita harus bersatu padu untuk membangun negara kita yang baru ini. Kita harus bekerja keras untuk mewujudkan cita-cita kita, yaitu untuk menciptakan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.

Marilah kita semua bersama-sama menyambut hari kemerdekaan kita dengan penuh suka cita. Marilah kita semua bersama-sama membangun negara kita yang baru ini menjadi negara yang besar dan bermartabat.

Merdeka! Merdeka! Merdeka!”

Itulah tadi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia lengkap dengan isi teks dan pridato. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Semoga.