Satu Nusa Satu Bangsa, Lagu Nasional Milik Indonesia

Satu Nusa Satu Bangsa

Menit.co.id – Satu Nusa Satu Bangsa merupakan lagu bersajarah milik Indonesia yang selalu menggema pada peringatan penting seperti Hari Sumpah Pemuda.

Belakangan ini banyak sekali yang mencari lagu nasional ini. Mulai dari tingkat kalangan pelajar, masyarakat, pemuda dan pejabat di seluruh Indonesia.

Menginggat pada tanggal 28 Oktober 2022 akan menjadi puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun. Maka tak heran jika banyak yang mencari lagu nasional ini.

Lagu nasional ini berhubungan erat dengan Sumpah Pemuda. Karena lagu ini merupakan salah satu lagu nasional yang wajib di hafal oleh warga negara Indonesia.

Keberadaan lagu ini menjadi salah satu lagu bersejarah untuk bangsa Indonesia. Karena terinspirasi dari peristiwa Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928.

Sumpah pemuda sendiri mengandung inti pernyataan dan janji pemuda-pemudi Indonesia dalam bersepakat dan bersikap satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Ketiga pokok sumpah para pemuda itulah yang akhirnya Liberty Manik seorang penyiar radio sekaligus pencipta lagu untuk menulis lagu tersebut.

Pertama kali di perdengarkan ke publik, lagu wajib ini disiarkan melalui saluran RRI Yogyakarta pada tahun 1947 dengan Birama 4/4 dan tempo Adante Maestoso.

Lagu nasional memiliki makna berupa ajakan kepada seluruh warga negara Indonesia untuk terus menjaga dan membela identitas bangsa.

Dalam versi lain, lagu nasional satu ini juga pernah di aransemen ulang dengan versi rock oleh grup musik Cokelat di album Untukmu Indonesiaku yang rilis pada 17 Agustus 2006.

Lirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa

Berikut adalah lirik lagu satu nusa satu bangsa yang merupakan ciptaan Liberty Manik secara lengkap:

Satu nusa
Satu bangsa
Satu bahasa kita

Tanah air
Pasti jaya
Untuk Selama-lamanya

Indonesia pusaka
Indonesia tercinta

Nusa bangsa
Dan Bahasa
Kita bela bersama