SDG Mover UNDP Indonesia Ajak Generasi Muda Jaga Ekosistem

  • Bagikan
Hari Lingkungan Hidup, SDG Mover UNDP Indonesia Ajak Generasi Muda Jaga Ekosistem
Chelsea Islan selaku SDG Mover UNDP Indonesia, kembali mengajak generasi muda melakukan aksi nyata untuk menjaga lingkungan.

Menit.co.id – Memperingati hari lingkungan hidup sedunia artis berprestasi Chelsea Islan selaku SDG Mover UNDP Indonesia, kembali mengajak generasi muda melakukan aksi nyata untuk menjaga lingkungan.

“Saat ini aktivitas manusia yang berlebihan telah menjadi ancaman bagi keberlangsungan keanekaragaman hayati,” ungkap Chelsea lewat video pesan yang disampaikan bertepatan pada peringatan hari lingkungan hidup sedunia, yang jatuh di hari Sabtu, 5 Juni 2021.

Indonesia, sebagai kepulauan, telah dikenal dengan kekayaan keanekaragaman hayatinya. Indonesia memiliki luasan hutan tropis ketiga terbesar di dunia dan memiliki keberagaman spesies ikan terumbu karang terkaya. Saat ini, keberadaan mereka terancam karena konsumsi dan eksploitasi berlebihan manusia.

“Aksi nyata kita menjadi penting dalam menjaga dan mengembalikan keseimbangan ekosistem. Hal ini bisa dicapai lewat usaha kolektif bersama misalnya dengan menjalankan pola hidup yang hemat energi dan sumber daya. Aktivitas lain seperti menanami pohon, menghentikan penggunaan kantong plastik, mengurangi produksi sampah sehari-hari, dan ikut membersihkan pantai dan laut kita, juga merupakan aksi nyata untuk bumi yang kita cintai,” pungkas Chelsea.

Wakil Kepala Perwakilan UNDP Indonesia, Sophie Kemkhadze juga menjelaskan peran semua pihak untuk mendukung tercapainya restorasi ekosistem

“UNDP Indonesia terus berupaya dan menerapkan berbagai inovasi terutama kesempatan yang kita dapat pelajari karena pandemi Covid-19, yaitu transisi menuju masa depan yang bersinergi dengan alam dan berkelanjutan.”

Chelsea Islan didapuk oleh UNDP Indonesia sejak tahun 2018 untuk menjadi SDGs Mover atau tokoh penggerak isu Agenda Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals.

Penunjukan Chelsea didorong oleh prestasi nya di dunia seni serta kepedulian dan advokasi beliau di bidang pembangunan terutama untuk isu kesetaraan gender, perubahan iklim serta pengentasan kemiskinan.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2021

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 diperingati pada 5 Juni. Hari ini dibuat untuk mengingatkan orang tentang pentingnya alam. World Environment Day 2021 dirayakan di seluruh dunia untuk memberi tahu orang-orang bahwa alam tidak boleh dianggap remeh dan harus dijaga.

Pandemi virus corona COVID-19 yang menyebabkan orang-orang minim aktivitas dianggap menguntungkan bagi alam. Dengan tidak adanya aktivitas manusia di tengah lockdown yang disebabkan oleh virus corona, alam mendapatkan waktu untuk membersihkan diri.

Dilansir UNEP, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini adalah Restorasi Ekosistem. Pakistan akan bertindak sebagai tuan rumah global pada 5 Juni. Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 akan melihat peluncuran Dekade PBB tentang Restorasi Ekosistem.

Restorasi ekosistem dapat mengambil banyak bentuk: menanam pohon, menghijaukan kota, membangun kembali kebun, mengubah pola makan atau membersihkan sungai dan pantai. Restorasi ini dilakukan untuk membentuk generasi yang bisa berdamai dengan alam.

Sejarah Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021

Hari Lingkungan Hidup Sedunia (WED) dibuat pada hari pertama konferensi PBB yang berfokus pada manusia dan bagaimana mereka berinteraksi dengan lingkungan.

Swedia pertama kali mengusulkan untuk mengadakan konferensi semacam itu ke PBB pada 1968. Dan pada 1969, PBB setuju bahwa setelah 3 tahun mereka akan mengadakan konferensi di Swedia yang berfokus pada masalah lingkungan.

Dilansir National Today, konferensi tersebut dipimpin oleh Maurice Strong, seorang diplomat Kanada yang bekerja di industri minyak dan mineral, yang juga memiliki titik lemah terhadap lingkungan.

Setelah 4 tahun persiapan, para pemimpin dunia duduk bersama untuk mendiskusikan bagaimana mereka dapat meningkatkan kesadaran untuk melindungi lingkungan — dan saat itulah Hari Lingkungan Hidup Sedunia dibuat. Kemudian 2 tahun kemudian, WED pertama kali dirayakan dengan slogan “Hanya Satu Bumi” (Only One Earth).

Sejak saat itu, Hari Lingkungan Hidup Sedunia telah sepenuhnya diamini oleh orang-orang di seluruh dunia. Para selebriti di seluruh dunia mendorong orang untuk melakukan bagian mereka dan “menyelamatkan dunia”.

Leonardo DiCaprio dan Meryl Streep adalah beberapa dari banyak orang yang terus-menerus berbicara tentang kesadaran lingkungan.

Cara Memperingati Hari Lingkungan Sedunia 2021

1. Buat komitmen untuk mendaur ulang sampah Untuk berpartisipasi dalam Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Anda bisa melakukan hal sederhana seperti mendaur ulang sampah. Anda juga bisa mulai mengurangi penggunaan plastik.

2. Menanam pohon Pohon menyerap bau dan gas polutan (nitrogen oksida, amonia, sulfur dioksida, dan ozon) dan menyaring partikel dari udara. Pohon juga memiliki banyak manfaat untuk memberi keteduhan dan suasana adem di rumah.

3. Jadi sukarelawan Siapa pun dapat menjadi sukarelawan. Anda bisa mengikuti kegiatan pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan memunguti sampah atau pada acara-acara yang digelar di sekitar Anda.

  • Bagikan