Siapa Jaleswari Pramodhawardani? Deputi V KSP Mengundurkan Diri

Jaleswari Pramodhawardani

MENIT.CO.ID – Jaleswari Pramodhawardani namanya sedang menjadi pusat perhatian setelah mengambil langkah mengundurkan diri dari Deputi V KSP.

Jaleswari Pramodhawardani mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) dengan alasan berdasarkan pada pertimbangan etika dan keyakinan yang diyakininya.

“Dengan ini saya, Jaleswari Pramodhawardani, menginformasikan bahwa saya akan mundur dari jabatan Deputi V Kantor Staf Presiden mulai tanggal 1 Februari 2024,” ujar Jaleswari dalam pernyataan resminya.

Ia menyatakan bahwa proses pengunduran dirinya secara formal telah diajukan kepada Presiden Joko Widodo melalui Kepala Staf Kepresidenan.

Jaleswari menjelaskan bahwa alasan di balik keputusannya adalah untuk menghindari kemungkinan dipandang sebagai beban politik oleh Presiden maupun lembaga kepresidenan secara umum, terutama terkait dengan pilihan politik pribadinya.

“Dalam menyampaikan pengunduran diri ini, saya menyadari betul akan pentingnya menjaga netralitas dan profesionalisme pemerintah, terutama di tengah situasi politik saat ini,” tambahnya.

Selain itu, Jaleswari Pramodhawardani juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan yang mungkin terjadi selama menjabat sebagai Deputi V KSP.

Pengunduran diri ini terjadi seiring dengan berita mundurnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md dari Kabinet Presiden Joko Widodo.

Jaleswari Pramodhawardani, yang akrab disapa Dani, saat ini menjabat sebagai Deputi Inklusi di Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Sebelumnya, Dani telah menjabat sebagai Deputi V Bidang Politik, Hukum, Keamanan, dan HAM sejak tahun 2016, dan posisi ini diperbaharui pada tahun 2020 melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 45/M Tahun 2020.

Selama kariernya dalam pemerintahan, Dani juga telah mengemban berbagai peran penting seperti Dewan Pengarah Tim Evaluasi Kelembagaan Kantor Staf Presiden, Pengarah Tim Monitoring Pelaksanaan Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat Kementerian Dalam Negeri, serta Penanggung Jawab Tim Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria Kantor Staf Presiden.

Selain aktif dalam pemerintahan, Jaleswari Pramodhawardani juga terlibat dalam kegiatan riset melalui keanggotaannya di Perhimpunan Indonesia Untuk Pembinaan Pengetahuan Ekonomi dan Sosial (Bineksos), serta sebagai Penasihat Senior di The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research.