Tema Hari Anak Nasional 2023: Anak Terlindungi, Indonesia Maju

Tema Hari Anak Nasional 2023

MENIT.CO.ID – Sudah tahu apa Tema Hari Anak Nasional 2023? Tema Hari Anak Nasional 2023 adalah Anak Terlindungi, Indonesia Maju.

Sesuai surat Keputusan Presiden Nomor 44 tahun 1984 menetapkan bahwa setiap tanggal 23 Juli sebagai peringatan Hari Anak Nasional.

Adapun alasannya, karena anak merupakan aset berharga untuk negara dan mereka akan menjadi penerus bangsa Indonesia.

Atas dasar Keppress tersebut, maka Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyiapkan tema sendiri untuk perayaan Hari Anak Nasional.

Apa Tema Hari Anak Nasional 2023?

Anak Terlindungi, Indonesia Maju adalah Tema Hari Anak Nasional 2023. Ini merupakan peringatan ke-39 dalam momen perayaan Hari Anak Nasional.

Dalam Tema, “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan Tagline #BeraniKarenaPeduli : Anak menjadi agen perubahan dalam menyuarakan hak-haknya.

Dalam beberapa kasus, anak merupakan korban yang paling rentan dalam sebuah kejahatan, karena mereka mudah dimanipulasi dan belum memiliki kesadaran yang cukup untuk memutuskan sesuatu.

Selain itu fenomena anak terlantar dan anak jalanan dapat dengan mudah ditemui di jalanan kota-kota besar. Permasalahan lain yang dialami oleh anak-anak yang tinggal di daerah tertinggal seperti kesulitan mendapatkan hak untuk pendidikan dan hak untuk mendapatkan akses kesehatan.

Sepanjang Januari sampai 28 Mei 2023 Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) mencatat, jumlah kasus kekerasan hingga tindak kriminal terhadap anak di Indonesia mencapai 9.645 kasus.

Oleh karenanya Anak dalam literatur Hak Asasi Manusia (HAM) termasuk bagian dari kelompok rentan yang membutuhkan perlindungan khusus.

Guna meningkatkan upaya pelindungan terhadap anak, perlu dilaksanakan berbagai bentuk kegiatan berupa mengkampanyekan pembentukan satgas pelindungan anak sampai di tingkat RW, RT dan sekolah-sekolah.

Sosialisasi dan pelatihan untuk merealisasikan pelaksanaan undang-undang tentang Pelindungan Hak Anak. Kerjasama dengan institusi pemerintah /negara, LSM serta para pemangku kepentingan lainnya untuk mengupayakan di penuhinya hak anak dalam setiap pengambilan keputusan.

Selain itu penting mewujudkan alokasi anggaran dalam APBN untuk meningkatkan kesejahteraan anak serta melakukan koordinasi yang intens dengan seluruh pihak dalam rangka perlindungan khusus terhadap anak, dengan penyelenggaraan sejumlah koordinasi kebijakan, program, dan layanan terhadap anak yang membutuhkan pelindungan khusus.

Berdasarkan sejumlah penjabaran diatas, masalah anak perlu menjadi perhatian serius bagi Pemerintah dan Negara serta para orangtua.

Bertepatan di momen Hari Anak Nasional, seluruh orangtua untuk memeluk buah hatinya sejenak dengan penuh kebanggaan, menerima mereka tanpa syarat sebagai sebuah pribadi yang utuh.

Anak berhak untuk menentukan jalan hidup yang mereka pilih ke depan. Sebagai orangtua hanya perlu membimbing dan mengarahkan mereka tanpa perlu mendikte mereka.

Meskipun saat ini masih ditemukan anak-anak yang tertekan dan kehilangan mimpi-mimpinya hanya untuk memenuhi keinginan orang tua dan terbebani dengan tuntutan masyarakat.

Mereka adalah permata yang mesti harus jaga dan lindungi. Selamat Hari Anak Nasional untuk seluruh anak Indonesia.