Viral Video Suku Togutil Mendatangi Lokasi Tambang di Halmahera Timur

Viral Video Suku Togutil Mendatangi Lokasi Tambang
Viral Video Suku Togutil Mendatangi Lokasi Tambang.

MENIT.CO.ID – Sebuah video yang memperlihatkan tiga anggota Suku Togutil mendatangi pekerja tambang di Halmahera Timur menjadi viral di media sosial.

Dalam video tersebut, terlihat dua perempuan dan satu laki-laki dari Suku Togutil mendekati lokasi pertambangan. Mereka disambut oleh para penambang dan dibawa ke suatu tempat.

Selain video, beredar juga foto yang menunjukkan tiga orang itu sedang bersiap untuk makan. Di depan mereka tersaji tiga piring makanan dan beberapa minuman.

Dr. Sirayandris J. Botara, MSi Teol, Dosen Program Studi Sejarah Universitas Halmahera, mengaku telah melihat video yang beredar tersebut.

“Iya, itu memang mereka (Suku Togutil), saya sedang mengecek lokasi pastinya,” ujarnya sebagaimana dikutip dari berita Kompas.com, Senin (27/5/2024).

Sirayandris menduga lokasi dalam video tersebut masih berada di area pertambangan di Halmahera Timur. “Diduga masih di lokasi tambang IWIP, tapi perlu konfirmasi lebih lanjut,” tambahnya.

Mengenai alasan Suku Togutil mendekati para penambang, Sirayandris menduga hal tersebut disebabkan karena mereka lapar.

“Saya belum tahu pasti penyebabnya. Kami sedang berdiskusi dengan teman-teman dari Survival International, organisasi global untuk hak-hak masyarakat adat. Tapi kemungkinan besar karena kelaparan,” ungkapnya.

Ia juga menyatakan bahwa posisi Suku Togutil sudah sangat terdesak. “Menurut saya, Suku Togutil sudah sangat terdesak. Mereka berada di titik tengah Pulau Halmahera, di hutan lebat yang kini sedang ditambang,” jelasnya.

Sebelumnya, pada November 2023, juga sempat beredar video Suku Togutil yang menghadang buldoser di akun X.

Suku Togutil masih dapat ditemui di beberapa wilayah Kabupaten Halmahera Timur seperti Miaf, Maba Tengah, Tanjung Lili, Dorosago, Maba Utara, Waya, dan Wasilei Utara. Sementara di Kabupaten Halmahera Tengah, mereka bisa ditemukan di Akejira, Weda Timur, Weda Utara, serta di Oba dan Oba Selatan.

Apa Itu Suku Togutil?

Suku Togutil, atau dikenal juga sebagai Suku Tobelo Dalam, adalah kelompok etnis yang mendiami hutan-hutan di Halmahera, Maluku Utara secara nomaden. Mereka hidup berpindah-pindah di sekitar hutan Totodoku, Tukur-Tukur, Lolobata, Kobekulo, dan Buli, yang termasuk dalam Taman Nasional Aketajawe-Lolobata.

Asal Mula dan Arti Nama

Asal-usul nama “Togutil” tidak pasti, namun beberapa versi menyebutkan bahwa nama tersebut berasal dari bahasa Portugis, yang melihat orang-orang suku ini berjalan kembali ke hutan. Kata ini kemudian didengar oleh masyarakat sekitar dan lama-kelamaan menjadi sebutan untuk suku ini.

Suku Togutil sendiri tidak menyukai sebutan ini karena memiliki makna konotatif yang negatif, yaitu “terbelakang”. Mereka lebih memilih untuk disebut dengan nama “Tobelo Dalam”, yang mencerminkan asal mereka sebagai bagian dari masyarakat Tobelo.

Gaya Hidup Nomaden

Suku Togutil terkenal dengan gaya hidup nomaden mereka. Mereka berpindah-pindah tempat tinggal setiap beberapa bulan, mengikuti musim dan ketersediaan sumber daya alam. Mereka tinggal di rumah-rumah panggung sederhana yang terbuat dari kayu dan daun.

Kehidupan yang Tergantung pada Hutan

Kehidupan Suku Togutil sangat bergantung pada keberadaan hutan. Mereka mendapatkan makanan dari hasil berburu, memancing, dan mengumpulkan hasil hutan. Hutan juga menjadi sumber obat-obatan, bahan bangunan, dan peralatan sehari-hari.

Ancaman dan Tantangan

Saat ini, keberadaan Suku Togutil terancam oleh berbagai faktor, seperti perusakan hutan, eksploitasi sumber daya alam, dan asimilasi dengan budaya luar. Mereka juga menghadapi kesulitan dalam mendapatkan akses terhadap pendidikan, kesehatan, dan layanan dasar lainnya.

Upaya Pelestarian

Berbagai upaya telah dilakukan untuk melestarikan budaya dan keberadaan Suku Togutil. Salah satunya adalah dengan penetapan Taman Nasional Aketajawe-Lolobata, yang menjadi habitat mereka. Selain itu, beberapa organisasi juga aktif membantu Suku Togutil untuk mendapatkan akses terhadap pendidikan, kesehatan, dan layanan dasar lainnya.

Pentingnya Menjaga Kelestarian Suku Togutil

Suku Togutil merupakan salah satu suku asli Indonesia yang memiliki budaya dan tradisi yang unik. Mereka memiliki pengetahuan dan kearifan lokal yang sangat berharga. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelestarian Suku Togutil dan budayanya.