Wanda Hamidah, Inilah Sosok Perempuan Serba Bisa

Wanda Hamidah

Menit.co.id – Wanda Hamidah, inilah sosok perempuan serba bisa yang namanya sedang jadi perbincangan warganet hingga trending di Google.

Wanda Hamidah namanya menjadi trending usai rumah tinggalnya di gusur oleh Pemerintah Kota Jakarta, karena bediri di aset pemerintah.

Nama Wanda Hamidah dikenal sebagai politisi, aktivis, aktris, dan juga model. Sehingga, ia berkiprah di banyak lini pekerjaan berbeda, mulai dari industri hiburan, politik, hukum, hingga jurnalis.

Wanda Hamidah lahir pada 21 September 1977 di Jakarta. Namanya pada awalnya lebih dulu di kenal sebagai seorang model. Karier bermula dari salah satu Gadis Sampul era 1991.

Saat itu, ajang Gadis Sampul merupakan ajang prestisius bagi remaja perempuan yang ingin melanggengkan kariernya di industri hiburan.

Melalui ajang Gadis Sampul, masa muda Wanda pun mulai akrab dengan dunia permodelan. Di sisi lain, Wanda juga dikenal sebagai siswi yang sangat aktif dan vokal dalam menyuarakan pemikirannya.

Setelah mengenyam pendidikan di SMA Negeri 3 Jakarta, Wanda melanjutkan pendidikan tingginya di Fakultas Hukum Universitas Trisakti.

Dengan kondisi politik Indonesia yang mulai memanas saat itu, Wanda turut terlibat dalam rentetan aksi demonstrasi mahasiswa di Kerusuhan Mei 1998.

Dialektika politik Wanda Hamidah pun mulai terasah. Pada tahun yang sama, ia mendekat dan bergabung dengan Partai Amanat Nasional. Sejak itu, Wanda mulai aktif berpolitik.

Di sela-sela karier politiknya, gairah tampil di depan layar dari Wanda tak meredup. Pada periode 2000-2002, Wanda menjadi seorang presenter berita di salah satu saluran televisi swasta.

Selain itu, Wanda aktif menyuarakan suara-suara perempuan serta persoalan Hak Asasi Manusia.

Aktivitas itu pula yang membuatnya terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Provinsi DKI Jakarta dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2009.

Pada 2014, Wanda sempat terlibat intrik politik dengan PAN. Ia dipecat setelah terang-terangan mendukung pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam pilpres tahun itu.

Sikap Wanda bertentangan dengan sikap PAN yang mengusung Capres dan Cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Wanda Hamidah kembali menjajal karier politiknya dengan bergabung ke Partai Nasdem. Pada Pemilu 2019, Wanda kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Jakarta Timur, namun tak terpilih.