Buntut Ciuman Kontroversial, Luis Rubiales Resmi Mundur Jadi Presiden RFEF

Luis Rubiales

MENIT.CO.ID – Buntut ciuman kontroversial membuat Luis Rubiales resmi mundur jadi Presiden RFEF. Hal ini menyusul desakan publik yang cukup hebat.

Luis Rubiales telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) setelah secara kontroversial mencium bibir Jenni Hermoso di Piala Dunia Wanita 2023.

Pria berusia 46 tahun itu hadir untuk menyaksikan negaranya memenangkan gelar Piala Dunia Wanita pertama mereka di Sydney, Australia. Di mana gol Olga Carmona membuat La Roja mengalahkan Inggris 1-0.

Disaat seremoni juara, Rubiales memeluk striker Pachuca Hermoso sebelum mencium bibirnya – sebuah tindakan yang menurut Hermoso tidak dia setujui, sehingga memicu kemarahan global.

Banyak pemain pria dan wanita berdiri dalam solidaritas dengan Hermoso, dan 81 pemain Wanita Spanyol mengumumkan niat mereka untuk memboikot pertandingan sampai Rubiales digulingkan dari kekuasaan.

Faktor tersebut pun membuat Rubiales rela meninggalkan jabatannya sebagai Presiden RFEF. “Saya tidak bisa melanjutkan pekerjaan saya. Ayah saya, putri saya, saya berbicara dengan mereka,” kata dia.

“Saya tidak ingin sepakbola Spanyol rusak karena kampanye yang tidak proporsional seperti ini. Saya percaya pada kebenaran dan saya akan melakukan segala daya untuk memastikan kebenaran itu nyata,” tukasnya.