Cal Crutchlow Resmi Gantikan Franco Morbidelli untuk Tiga Balapan

  • Bagikan
Cal Crutchlow Resmi Gantikan Franco Morbidelli untuk Tiga Balapan
Cal Crutchlow Resmi Gantikan Franco Morbidelli untuk Tiga Balapan

Menit.co.idCal Crutchlow melakukan comebacknya di MotoGP sebagai pengganti Franco Morbidelli yang cedera untuk double-header Austria dan GP Inggris.

Petronas Yamaha SRT secara resmi mengkonfirmasi Cal Crutchlow akan menggantikan Franco Morbidelli yang cedera pada tiga putaran berikutnya, double-header Austria dan kemudian Grand Prix Inggris di Silverstone.

Setelah pensiun sebagai pembalap reguler musim 2020, Crutchlow, yang memenangi tiga balapan untuk LCR Honda, mengambil peran sebagai pembalap tes resmi Yamaha, menggantikan Jorge Lorenzo.

Pembatasan Covid-19 cukup menghambat beberapa tes yang sudah dijadwalkan, dan saat Morbidelli mengalami cedera lutut beberapa hari sebelum Assen, Crutchlow merasa waktunya terlalu pendek untuk comeback sebagai pembalap pengganti.

Pada akhirnya, Yamaha memanggil pembalap WorldSBK Garrett Gerloff untuk menggantikan Morbidelli di Assen, namun pembalap Amerika itu tidak bisa tampil di balapan pertama double-header Austria (GP Styria) karena komitmennya dengan Superbike.

Sementara itu, Crutchlow memiliki waktu senggang dalam jadwalnya sebagai pembalap tes antara April sampai pertengahan Oktober, belum lagi kepala kru pembalap tes Silviano Galbusera yang ditarik untuk bekerja dengan Maverick Vinales.

Meski motor yang dipakai Morbidelli, M1 A-Spec, tidak akan cocok untuk menguji komponen terbatu Yamaha, yang didesain untuk YZR-M1 terbaru, peran pengganti di Petronas Yamaha dapat membantu Crutchlow tetap berkendara dengan M1, dan juga bisa lebih memahami bagaimana kelebihan dan kelemahan rival Yamaha.

Setelah menjadi runner-up musim 2020, Morbidelli mengalami tahun yang sulit dengan hanya meraih satu podium, dan tidak jarang kesulitan dengan defisit kecepatan dari motor miliknya.

“Senang bisa kembali membalap dengan Yamaha tahun ini sebagai pebalap penguji resmi dan bisa turun tangan saat dibutuhkan itu bagus untuk semua pihak,” kata Crutchlow. “Saya tak sabar membalap untuk Petronas Yamaha SRT di tiga Grand Prix.

“Jelas itu tidak dalam keadaan terbaik dan saya berharap Franco pemulihan yang baik, saya berharap dia kembali dengan kuat setelah operasi lutut. Saya yakin dia akan melakukannya karena dia telah membalap dengan fantastis selama dua tahun terakhir.

“Saya pikir sulit untuk menetapkan target untuk tiga balapan ini dan ini akan lebih tentang memahami motor, karena saya memiliki hari balapan yang terbatas tahun ini. Hal baiknya adalah saya bisa membandingkan motor dan saya harus bisa mengumpulkan banyak data untuk Yamaha.

“Ini seperti memulai sebuah aktivitas baru yang sulit, karena ini adalah kelas MotoGP yang sangat kompetitif. Tapi saya sangat menantikannya untuk kembali ke grid.

“Saya tak sabar untuk bertemu tim di Austria, meskipun akan ada beberapa wajah yang akrab bagi saya karena Wilco Zeelenberg adalah Manajer Tim saya di Supersport pada tahun 2009 dan saya pernah balapan melawan Johan Stigefelt beberapa tahun yang lalu, jadi ini akan menjadi pertandingan yang seru. senang bisa kembali bersama mereka.”

Razlan Razali, Team Principal Petronas Yamaha, menambahkan “Setelah melihat seluruh opsi, ini menjadi keputusan kolektif antara Yamaha dan kami untuk meminta Cal Crutchlow untuk menggantikan Franco, yang masih memulihkan cederanya.

“Cal adalah pembalap yang ktedibel dan berpengalaman, yang saat ini menjadi pembalap tes Yamaha. Sebagai pembalap independen, ini di mana kami bisa membantu Yamaha. Cal bisa kembali untuk mendapatkan beberapa jarak tempuh penting dengan M1 kami, yang seharusnya bisa membantunya dengan pekerjaan tes dan pengembangan untuk Yamaha.

“Cal akan menggantikan Franco untuk tiga balapan ke depan, dan kami tidak memiliki target nyata untuk hasil. Kami akan membantu apa yang kami bisa untuk membantunya merasa nyaman dengan tim. Dia sudah familiar dengan beberapa orang penting di tim, yang membantu, dan saya yakin dia menantikan tantangan ini.”

Petronas Yamaha sebelumnya mengumumkan bahwa Morbidelli tidak akan kembali sampai Misano pada pertengahan September, yang berarti ada empat balapan sebelumnya, dan tim belum mengumumkan siapa yang akan menggantikan Morbidelli di Aragon pada 10-12 September.

Crutchlow bukan satu-satunya nama besar yang kembali ke grid di Austria, karena mantan rekan satu pabrikannya di Honda, Dani Pedrosa, yang kini menjadi pembalap tes KTM, akan melakukan wild-card di GP Styria.

  • Bagikan