Dani Pedrosa Podium Berkat Hukuman Penalti Fabio Quartararo

Dani Pedrosa Podium

MENIT.CO.ID – Hukuman penalti untuk Fabio Quartararo karena masalah tekanan ban bikin Dani Pedrosa podium di sesi Sprint Race MotoGP Spanyol 2024.

Dani Pedrosa dari pembalap tes KTM akhirnya merasakan podium di balapan sprint race MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Internasional Jerez, Spanyol, Sabtu (27/4).

Sedangkan, Jorge Martin dari Prima Pramac Racing kembali menunjukkan dominasinya di balapan Sprint, meraih kemenangan keduanya musim ini di MotoGP Spanyol.

Pembalap muda Spanyol ini tampil gemilang di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, mengungguli rookie sensation Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech3) dan legenda MotoGP Daniel Pedrosa (Red Bull KTM Factory Racing) yang meraih podium perdananya.

Balapan diwarnai dengan drama dan insiden jatuh yang melibatkan nama-nama besar seperti Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team), Marc Marquez (Gresini Racing MotoGP), dan Maverick Vinales (Aprilia Racing).

Start Dramatis dan Kejutan dari Para Pembalap

Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) mengawali balapan dengan gemilang, merebut pimpinan balapan di tikungan pertama.

Martin, yang start dari posisi terdepan, turun ke posisi kedua, diikuti Marquez di urutan ketiga. Di sisi lain, Acosta menunjukkan performa impresif dengan naik ke posisi kedelapan, sedangkan Bagnaia menempati urutan kelima.

Namun, drama langsung terjadi di lap pertama. Martin merebut P1 dari Binder, disusul Marquez yang menyalip Binder di lap berikutnya.

Kehilangan dua posisi sekaligus memicu Binder untuk melakukan manuver agresif di Tikungan 1 Lap 3.

Sayangnya, manuvernya tersebut berakibat fatal, menabrak Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46 Racing Team) dan membuat Bagnaia tersungkur.

Jatuhnya Sang Juara Dunia dan Drama di Lap-Lap Akhir

Insiden ini membuka peluang bagi Martin untuk memimpin balapan. Ia terus memperlebar jarak dan membangun keunggulan hingga 1,2 detik. Namun, Marquez tak tinggal diam dan terus mengejar Martin.

Di Lap 7, selisih mereka terpangkas menjadi 0,453 detik. Pada Lap 9, Marquez akhirnya berhasil menyalip Martin di Tikungan 5. Namun, nasib sial menimpa Marquez.

Ia terjatuh di tikungan yang sama saat mencoba mempertahankan posisinya dari Martin di Lap 11. Walaupun dapat melanjutkan balapan, Marquez kehilangan peluang podium.

Martin memanfaatkan situasi ini dan kembali memimpin balapan. Ia tak menyia-nyiakan kesempatannya dan meraih kemenangan keduanya dalam Sprint musim ini.

Acosta mengamankan finis kedua, sementara Quartararo yang memulai balapan dari P23 berhasil membawa Yamaha ke podium.

Hukuman Quartararo Mengubah Hasil Akhir

Namun, drama tak berhenti di situ. Quartararo harus merelakan podiumnya kepada Pedrosa setelah menerima penalti waktu delapan detik akibat pelanggaran tekanan ban.

Hukuman ini membuat Pedrosa naik ke P3, sedangkan Quartararo turun ke P5 di belakang Morbidelli. Drama lainnya juga terjadi di lap terakhir.

Johann Zarco (Castrol Honda LCR) terjatuh di Tikungan 13, namun ia masih bisa menyelesaikan balapan di urutan ke-12.

Nama-nama lain yang tersingkir dari Sprint termasuk Luca Marini (Repsol Honda Team), Stefan Bradl (HRC Test Team), Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team), dan Alex Marquez (Gresini Racing).