Dianggap Buka Jalan Dovizioso, Jorge Lorenzo Mengaku Tak Terlalu Menekan

Jorge Lorenzo, Ducati Team, Andrea Dovizioso, Ducati Team.

Menit.co.id – Jorge Lorenzo tidak mengakui adanya team order di Sepang untuk menjaga peluang Andrea Dovizioso merebut titel musim ini tapi pembalap Spanyol tersebut mengatakan dirinya tidak terlalu menekan saat balapan.

Sejumlah spekulasi beredar tentang adanya instruksi team order di kubu Ducati untuk membantu menjaga peluang Dovizioso mengejar ketertinggalan poin dari Marc Marquez yang sedang memimpin klasemen sementara.

Lorenzo sempat memimpin balapan untuk beberapa saat di Sepang dan muncul pertanyaan apakah dirinya akan memberi jalan kepada Dovizioso.

Motor MotoGP memiliki layar dashboard untuk menampilkan pesan dari tim seperti “virtual pitboard” sehingga muncul dugaan Lorenzo mendapat “kode” dari tim untuk membiarkan Dovizioso menyalipnya.

Pesan penting yang diterima Lorenzo saat berada di depan Dovizioso adalah ‘Mapping 8’ – tampaknya seperti saran biasa untuk mengubah pengaturan motor tapi bisa saja itulah pesan yang bermakna rahasia dari tim.

Pada Tikungan 15, Lorenzo hampir terjatuh sehingga Dovizioso dapat dengan mudah merebut posisi pertama dari sisi dalam – momen ini tidak terlihat terlalu jelas sebagai eksekusi dari team order karena Lorenzo sendiri terlihat akan mengalami kecelakaan.

Saat ditanyai usai balapan apakah Lorenzo sengaja membantu Dovizioso, dirinya tidak menjawab inti pertanyaan secara langsung.

“Anda tahu, [performa] ban belakang tetap konstan sepanjang balapan tapi tidak untuk ban depan,” ungkap Lorenzo seperti dikutip Motorsport.

“Ketika saya mengerem dengan keras di ujung lurusan, bagian depan sedikit kehilangan kendali. “Saat Andrea [Dovizioso] menyalip, saya berusaha sedikit menekan untuk mengejarnya.

“Tapi karena saya tahu itu Dovi, bukan pembalap yang lain, saya menekan, tapi tidak menekan sampai batas [maksimum]. “Posisi kedua hasil yang oke, podium tambahan untuk tahun ini.”

Lorenzo hampir terjatuh atau memberi jalan untuk Dovizioso?

Sumber: Motorsport