Dietrich Mateschitz Meninggal Dunia, Red Bull Berduka

Dietrich Mateschitz

Menit.co.id – Dietrich Mateschitz meninggal dunia di usia 78 tahun. Ini menjadi kabar duka bagi dunia balap di seluruh dunia.

Pemilik tim F1 Red Bull Racing sekaligus pendiri perusahaan minuman energi asal Austria, Dietrich Mateschitz, meninggal dunia di usia 78 pada Sabtu (22/10).

Direktur Tim Red Bull Racing, Christian Horner, memastikan kabar duka itu jelang kualifikasi F1 GP Amerika Serikat di Austin, Texas. Di mana Red Bull dapat meraih gelar juara konstruktor kelima.

“Apa yang dia [Mateschitz] capai dan apa yang dia lakukan untuk begitu banyak orang di seluruh dunia, di berbagai olahraga, tidak ada duanya,” kata Horner seperti laporan Reuters.

“Begitu banyak dari kita harus berterima kasih kepadanya atas kesempatan yang dia berikan, visi yang dia miliki, kekuatan karakter dan tidak pernah takut untuk mengikuti dan mengejar impian Anda,” sambung Horner.

Mateschitz membeli tim Jaguar milik Ford pada akhir 2004 dan mengubahnya menjadi Red Bull Racing, sebuah tim yang kemudian mampu mendominasi F1 bersama Mercedes dalam lebih dari satu dekade terakhir.

Enam gelar juara dunia pembalap diraih Red Bull bersama Sebastian Vettel dan Max Verstappen. Selain itu Red Bull juga sudah meraih empat gelar juara dunia konstruktor, dan hampir meraih yang kelima musim ini.

Mateschitz yang mendirikan minuman energi Red Bull pada 1987 juga membeli tim Minardi dan mengubahnya menjadi Toro Rosso. Sekarang Toro Rosso. berubah menjadi Alpha Tauri.

“Saya sangat sedih dengan berita bahwa Dietrich Mateschitz, anggota keluarga Formula Satu yang sangat dihormati dan sangat dicintai, telah meninggal dunia,” kata Direktur Eksekutif F1 Stefano Domenicali.

“Dia adalah pengusaha visioner yang luar biasa dan seorang pria yang membantu mengubah olahraga kami dan menciptakan merek Red Bull yang dikenal di seluruh dunia,” ujar Domenicali.