Dua Pembalap Indonesia Siap Berlaga di MotoGP Catalunya 2024

Fadillah Arbi Aditama
Dua pembalap Indonesia, Mario Suryo Aji dan Fadillah Arbi Aditama siap berlaga di MotoGP Catalunya 2024 untuk kelas Moto2 dan Moto3. (Sumber Foto: Honda Team Asia)

MENIT.CO.ID – Pada seri keenam MotoGP Catalunya 2024, dua pembalap Indonesia akan berpartisipasi di kelas Moto2 dan Moto3.

Mario Suryo Aji dan Fadillah Arbi Aditama akan membawa bendera Merah Putih dalam ajang balap yang berlangsung pada 24-26 Mei 2024 di Sirkuit Catalunya, Montmelo, Spanyol.

Mario Aji merupakan pembalap tetap di kelas Moto2, sementara Arbi Aditama akan berlaga sebagai pembalap wild card di kelas Moto3. Honda Team Asia, yang juga menaungi Mario Aji, mengumumkan kepastian tampilnya Arbi.

“Kami senang mengumumkan Fadillah Arbi Aditama akan berlaga di GP Catalunya,” ujar manajer tim Honda Team Asia, Hiroshi Aoyama, dalam rilis resmi mereka. Aoyama mengungkapkan kekagumannya terhadap kecepatan Arbi saat mendapatkan wild card pada seri GP Indonesia tahun lalu.

Pembalap asal Purworejo itu sukses langsung lolos ke babak kualifikasi 2 dalam debut grand prix-nya dan finis di posisi ke-17.

Penampilan Arbi dan Mario di Catalunya diharapkan menarik perhatian, mengingat sejarah performa mereka di sirkuit yang dikenal memiliki karakteristik lengkap ini.

Mario berhasil meraih pole position dalam seri Catalunya Kejuaraan Dunia Junior Moto3 pada 2021 dan nyaris menang jika tidak diseruduk oleh pesaingnya pada lap terakhir.

Sementara itu, Arbi pernah memenangkan balapan JuniorGP di Catalunya tahun lalu, meski memulai dari posisi start ke-16.

Sayangnya, Arbi tidak mampu mengulang kesuksesannya dalam balapan JuniorGP seri Catalunya akhir pekan lalu, dengan finis di posisi ke-28 pada race 1 dan gagal finis pada race 2.

Aoyama menjelaskan bahwa kondisi Arbi belum sepenuhnya pulih dari cedera. Mario juga baru saja menjalani operasi untuk mengatasi cedera arm pump.

“Namun, ini adalah kesempatan bagus baginya (Arbi) untuk mendapatkan pengalaman dan terus berkembang dalam kariernya,” tambah Aoyama.

“Mari berharap dia meraih akhir pekan yang baik di Barcelona, di sirkuit yang telah dikenalnya dengan baik karena kemenangan di JuniorGP tahun lalu.”

Arbi mengungkapkan rasa syukur dan kegembiraannya atas kesempatan berlaga sebagai wild card di GP Catalunya.

“Saya ingin berterima kasih kepada Astra Honda Racing Team, Junior Talent Team, dan Honda Team Asia atas kesempatan ini,” ujar pembalap berusia 18 tahun itu.

“Saya yakin berlomba di GP Catalunya adalah peluang besar untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman di kategori ini.”

Arbi bertekad untuk tidak terpengaruh oleh cederanya. Meskipun mengalami kendala fisik, ia berusaha memberikan yang terbaik dalam lomba.

“Balapan di Montmelo bersama tim Junior Talent akan memberi saya kepercayaan diri dan kondisi mental yang tepat untuk GP Catalunya,” tutup Arbi.

“Saya akan berusaha memberikan yang terbaik dan belajar banyak dari pengalaman sebagai pembalap wild card ini.”