Duel Ngannou vs Anthony Joshua: Kedua Petinju Berambisi Menang KO

Duel antara Anthony Joshua dan Francis Ngannou

MENIT.CO.ID – Dua petinju kelas berat, Francis Ngannou dan Anthony Joshua, memancarkan optimisme jelang pertarungan mereka di Kingdom Arena, Riyadh, Arab Saudi, pada hari Jumat (8/3).

Keduanya sama-sama menargetkan kemenangan KO (knock-out).

Ngannou, 37 tahun, mantan juara dunia bela diri campuran UFC yang merintis karir tinju pada tahun 2023, bertekad membalas kekalahannya dari Tyson Fury dengan menumbangkan Joshua.

“Saya yakin bisa mencetak KO atas Joshua,” tegas Ngannou, seperti dilansir AFP pada hari Kamis. “Saya percaya bahwa melawan siapapun, saya bisa menjatuhkan mereka. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya? Itulah bagian tersulit.”

Sementara itu, Joshua, petinju asal Inggris, siap naik ring dengan modal tiga kemenangan beruntun di tahun 2023 melawan Otto Wallin, Robert Helenius, dan Jermaine Franklin.

Sepanjang karirnya, mantan pemegang sabuk juara kelas berat WBO, WBA, dan IBF ini hanya menelan tiga kekalahan, yaitu sekali dari Andy Ruiz Jr dan dua kali dari petinju Ukraina Oleksandr Usyk.

“Hari Jumat besok saya akan kembali. Saya tidak sabar menunjukkan kemampuan saya dan melawan orang yang berpikir dia bisa menjatuhkan saya,” kata Joshua menanggapi pernyataan Ngannou.

“Saya yakin bisa mencetak KO atas dia. Tentu saja, saya ingin KO dan membuat pernyataan. Dia harus siap menghadapi pukulan yang akan datang karena saya akan berdiri di depannya dan memberikannya tekanan besar.”

Selain duel Ngannou vs Joshua, Kingdom Arena di Riyadh juga akan menjadi tuan rumah pertarungan akbar antara petinju Inggris Tyson Fury melawan Oleksandr Usyk pada hari Sabtu (18/5).

Siapa Anthony Joshua?

Anthony Joshua adalah petinju profesional asal Inggris yang saat ini sedang menjadi sorotan dunia tinju kelas berat. Lahir pada 15 Oktober 1989, Joshua memiliki rekam jejak yang impresif meski usianya masih terbilang muda (34 tahun).

Pernah Menjadi Juara Dunia

Prestasi utama Anthony Joshua adalah pernah menjadi juara dunia tinju kelas berat dua kali. Ia pernah memegang gelar juara dari berbagai asosiasi tinju profesional, seperti WBA (World Boxing Association), IBF (International Boxing Federation), WBO (World Boxing Organization), dan IBO (International Boxing Organization) antara tahun 2016 hingga 2021.

Dijuluki AJ dan Diprediksi Raih Kemenangan

Anthony Joshua akrab disapa dengan julukan AJ. Ia dijadwalkan bertanding pada 8 Maret 2024 melawan petarung MMA tangguh, Francis Ngannou. Pertandingan ini akan digelar di Riyadh, Arab Saudi. Banyak pengamat yang memprediksi Joshua akan meraih kemenangan atas Ngannou, meskipun Ngannou dikenal memiliki kekuatan pukulan yang luar biasa.

Momen Jatuh Bangun

Karier tinju Anthony Joshua tidak selalu mulus. Ia pernah mengalami kekalahan mengejutkan dari Andy Ruiz Jr. di tahun 2019, yang saat itu tidak diunggulkan. Namun, Joshua berhasil bangkit dan merebut kembali gelar juaranya. Kemenangan terakhirnya diraih pada Desember 2023 lalu atas Otto Wallin.

Pertarungan yang Dinantikan

Duel antara Anthony Joshua dan Francis Ngannou menjadi salah satu pertarungan yang paling dinantikan penggemar tinju dunia saat ini. Perpaduan antara teknik tinju kelas atas Joshua dengan kekuatan MMA Ngannou diprediksi akan menghasilkan duel yang spektakuler.