Enner Valencia, Pencetak Gol Pertama Piala Dunia 2022

Enner Valencia

Menit.co.id – Enner Valencia adalah pemain Timnas Ekuador dan menjadi orang pertama pencetak gol pertama Piala Dunia 2022 Qatar.

Enner Valencia lahir di Esmeraldas, Ekuador, 33 tahun silam, Enner tak hanya cakap berperan sebagai striker, tapi juga piawai main sebagai winger.

Kini dia menjadi kapten sekaligus legenda hidup Ekuador. Enner Valencia jadi aktor kemenangan Ekuador atas Qatar 2-0 di Piala Dunia 2022.

Enner rupanya merupakan eks pemain di Liga Inggris. Qatar vs Ekuador jadi laga pembuka Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor Minggu (20/11) malam WIB.

Ekuador berhasil mengalahkan tim tuan rumah. Ekuador menangkan pertandingan dengan skor 2-0. Dua gol tersebut disarangkan oleh Enner Valencia pada menit ke-16 via titik penalti dan sundulan di menit ke-31.

Enner Valencia adalah pemain sepak bola Ekuador yang pencetak gol perdana di Piala Dunia 2022.

Di rangkum dari berbagai sumber, Enner merupakan salah satu pemain senior di Timnas Ekuador pada Piala Dunia 2022 ini. Dirinya sudah punya 74 caps.

Valencia berusia 33 tahun dan berposisi sebagai penyerang tengah. sejak musim panas 2020, dirinya bermain di klub Turki, Fenerbahce dan kontraknya akan habis pada musim panas 2023.

Valencia rupanya memulai petualangannya di Eropa dengan bergabung ke West Ham United pada tahun 2014. Dirinya dibeli seharga 15 juta Euro dari klub Meksiko, Pachuca.

Valencia cuma bertahan tiga musim, lalu dipinjamkan ke Everton. Selanjutnya di musim panas 2017, dilepas dengan cuma-cuma ke klub Meksiko, Tigres UANL.

Valencia membukukan 75 penampilan di Liga Inggris dengan sumbangan 11 gol dan delapan assist. Catatan golnya lebih baik di Fenerbahce dengan 41 gol dan 14 assist dari 90 penampilan di seluruh kompetisi.

Di ajang Piala Dunia, Valencia sempat koleksi tiga gol di Piala Dunia 2014. Dengan tambahan dua gol, kini dirinya sudah catatkan lima gol di ajang empat tahunan sepakbola terbesar itu sekaligus menjadikannya pemain Ekuador dengan gol terbanyak di Piala Dunia.