Fabio Quartararo Gagal Pertahankan Gelar Juara Dunia MotoGP

Siaran Ulang MotoGP Spanyol 2023

Menit.co.id – Fabio Quartararo harus lapang dada karena gagal pertahankan gelar juara dunia MotoGP. Musim ini juara dunia MotoGP 2022 milik Francesco Bagnaia.

Rider Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, mengaku merasa emosional usai finis keempat dalam balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Minggu (6/11).

Pasalnya, ia harus rela melihat gelar dunia MotoGP 2022 jatuh ke tangan pembelap andalan Ducati Lenovo Team, Pecco Bagnaia yang merupakan anak didik Valentino Rossi.

Pasalnya balapan MotoGP Valencia, Bagnaia lebih unggul 23 poin atas Quartararo dan tinggal masuk posisi 14 besar untuk merebut gelar juara dunia MotoGP musim ini.

Alhasil, satu-satunya opsi El Diablo untuk jadi juara hanyalah menang. Namun, dalam balapan itu, Quartararo finis keempat, sementara Bagnaia finis kesembilan.

Jadi, gelar juara dunia MotoGP 2022 resmi milik Francesco Bagnaia. Quartararo segera memberi selamat kepada Bagnaia usai finis, tetapi terlihat emosional saat kembali ke pit.

Usai melakukan tire burnout di depan garasi, pembalap asal Prancis ini menangis dan ditenangkan oleh keluarga dan anggota tim.

Ia mengakui harus mematikan TV tim ketika ada tayangan selebrasi Bagnaia. Namun apapun itu, Quartararo harus berlapang dada atas apa yang Pecco raih.

“Saya harus mematikan TV di garasi. Motivasi saya adalah, kami memang kehilangan gelar, tetapi saya akan kembali. Tim saya bekerja keras, tak ada alasan bagi kami untuk tak memperebutkan gelar dunia musim depan,” kisah Quartararo setelah menghampiri Bagnaia di parc ferme.

“Sudah jelas saya merasa emosional usai balapan. Saya ini petarung, seorang pemenang, jadi saya ingin jadi yang terdepan. Lima belas menit pertama dalam balapan ini berat. Namun, kini sudah selesai. Kami tutup buku, akan membuka bab baru pada Selasa pagi,” lanjut juara dunia MotoGP 2021 ini.

Quartararo mengaku sedih gagal mempertahankan gelar, dan butuh waktu untuk kembali semangat. Meski begitu, ia sudah menatap 2023, yang dimulai dengan tes di Valencia pada Selasa (8/11/2022).

Dalam tes itu, ia akan kembali menjajal mesin YZR-M1 2023, yang memberi impresi apik dalam tes Misano September lalu.