Fabio Quartararo, Karier Balap Hingga Juara Dunia MotoGP 2021

  • Bagikan
fabio quartararo Juara Dunia MotoGP 2021
Fabio Quartararo Juara Dunia MotoGP 2021

Menit.co.id – Fabio Quartararo, resmi keluar sebagai juara dunia MotoGP 2021 yang berlangsung di Sirkuit Misano, Minggu (24/10/2021).

Quartararo menjadi pembalap Prancis pertama juara dunia MotoGP. Fabio Quartararo awalnya di prediksi tidak menjadi juara dunia MotoGP 2021 di lintasan ini.

Meski unggul 52 poin dari Francesco Bagnaia, pembalap Ducati Lenovo sebelum race berlangsung. Fabio Quartararo harus start dari posisi 15 pada race MotoGP Emilia Romagna 2021.

Di saat bersamaan, Francesco Bagnaia memulai start dari pole position. Pecco Bagnaia pun memulai balapan dengan baik dan sanggup memimpin balapan.

Jika sanggup menyelesaikan balapan MotoGP Emilia Romagna 2021 di posisi pertama, Francesco Bagnaia otomatis menunda pesta juara Fabio Quartararo.

Sayangnya, ketika balapan menyisakan empat lap, Francesco Bagnaia terjatuh. Sementara Fabio Quartararo perlahan naik ke posisi lebih baik dan menyelesaikan balapan di urutan empat.

Alhasil, Fabio Quartararo kini mengoleksi 267 angka. Fabio Quartararo unggul 65 poin dari Francesco Bagnaia di tempat kedua dengan 202 angka.

Berhubung MotoGP 2021 tinggal menyisakan dua race lagi, Francesco Bagnaia dan pembalap lain tak mungkin lagi mengejar perolehan poin Fabio Quartararo.

Alhasi, Fabio Quartararo resmi juara MotoGP 2021. Lantas, bagaimana perjalanan karier balap Fabio Quartararo hingga akhirnya menjadi juara dunia MotoGP 2021?

Perjalanan Karier Balap Fabio Quartararo

Pembalap berjuluk El Diablo mentas di ajang grand prix sejak 2015. Perjalanan karier Fabio Quartararo tak bisa di bilang mulus di awal karir balap MotoGP.

Pertama mentas di kelas Moto3 dan Moto2, prestasi terbaik Fabio Quartararo hanya menempati posisi 10. Ketika mentas di Moto3 pada tahun 2015, Fabio Quartararo menempati posisi 10.

Kemudian pada 2016, Fabio Quartararo menduduki posisi 13 di klasemen akhir Moto3. Selanjutnya di Moto2 tahun 2017 dan 2018, Quartararo hanya menempati posisi 13 dan 10.

Baru di kelas MotoGP, Fabio Quartararo menunjukkan tajinya. Di musim pertamanya mentas di MotoGP pada 2019, ia menyelesaikan kompetisi di posisi lima.

Pencapaian itu terhitung luar biasa. Karena Quartararo membela tim satelit Yamaha. Performa di MotoGP 2019, membuat Fabio Quartararo di jagokan menjadi juara dunia MotoGP 2020.

Fabio Quartararo Perkuat Petronas Yamaha

Saat itu pembalap Marc Marquez dari Repsol Honda mengalami cedera panjang dan Fabio Quartararo memenangkan dua race awal MotoGP 2020.

Namun, performa Fabio Quartararo tiba-tiba menurun di pertengahan musim dan hanya menempati posisi delapan di klasemen akhir.

Baru di MotoGP 2021, Fabio Quartararo menunjukkan kelasnya. Naik pangkat ke tim pabrikan bersama Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo tampil dominan.

Dari 16 race yang sudah berlangsung, Quartararo memenangkan lima race hingga akhirnya sukses menjadi juara dunia MotoGP 2021.

Ukir Sejarah Jadi Pembalap Prancis Pertama Juara Dunia MotoGP

Fabio Quartararo adalah pebalap sepeda motor Grand Prix Prancis yang saat ini membalap di MotoGP untuk Monster Energy Yamaha MotoGP.

Sebelum karier di Grand Prix, Quartararo memenangkan enam gelar kejuaraan Spanyol, termasuk gelar CEV Moto3 berturut-turut pada 2013 dan 2014.

Gelar juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo menandakan atau ukir sejarah baru menjadi pembalap Prancis pertama menyandang gelar juara dunia MotoGP.

Dengan perolehan gemilang ini, akankah Fabio Quartararo sanggup mempertahankan gelar juaranya di tahun-tahun ke depan?

  • Bagikan