Formula E Jakarta Tanggung Jawab Pemprov DKI Kata Stafsus Setneg

  • Bagikan
Formula E Jakarta

Menit.co.id – Formula E Jakarta masuk babak baru dan mendapat tanggapan serius dari Pemerintah Indonesia melalui Staf khusus Mensesneg, Faldo Maldini.

Ia merespons pernyataan Co-Founder Formula E Alberto Longo yang menyebut Presiden Jokowi bakal menentukan venue Formula E Jakarta.

Faldo mengatakan semua yang terkait Formula E sepenuhnya kewenangan Pemprov DKI Jakarta.

Menanggapi pemberitaan bahwa venue, pemilihan jalur racing dan hal-hal lain dalam penyelenggaraan Formula E akan di putuskan oleh Presiden, Faldo sampaikan bahwa hal-hal tersebut menjadi tanggung jawab Pemprov DKI dan panitia penyelenggara.

“Kami perlu tegaskan bahwa, sejak awal, inisiatif, skenario pembiayaan dan kepanitiaan penyelenggaraan Formula E menjadi domain Pemprov DKI,” katanya.

“Oleh karena itu, semua terkait Formula E menjadi tanggung jawab Pemprov DKI. Berbagai dinamika di daerah terkait penyelenggaraan adalah sepenuhnya tanggung jawab pemangku kebijakan daerah dan penyelenggara dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait,” kata Faldo kepada wartawan, Kamis (25/11/2021).

Faldo lantas mengungkap soal permintaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk bertemu Jokowi terkait Formula E. Anies di sarankan terlebih dahulu menyelesaikan semua permasalahan terkait Formula E.

“Memang benar, Gubernur DKI sudah ajukan waktu untuk menghadap Presiden, dengan mengajak serta CEO Formula E,” katanya.

Namun, sebaiknya pemprov DKI dan panitia penyelenggaraan memprioritaskan dulu untuk menuntaskan semua permasalahan yang di hadapi.

“Venue, jalur, termasuk tata kelola, harus di persiapkan dengan sebaik-baiknya, sesuai peraturan perundang-undangan dan kepatutan,” ujar Faldo.

Faldo mengatakan tidak semua urusan harus diajukan ke Presiden. Dia lantas berbicara mengenai aturan bernegara.

“Kan aneh juga, apa-apa nanti harus bertemu Presiden terlebih dulu. Kan kita punya aturan dan prosedur. Itu saja ukurannya kita bernegara,” jelasnya.

“Superbike Mandalika kemaren juga tidak di awali oleh pertemuan CEO-nya dengan Presiden. Sekali lagi, kami tegaskan ini ranahnya pemerintah daerah dan penyelenggara,” ujar Faldo.

  • Bagikan