Hasil Kualifikasi Moto2 Qatar 2022, Celestino Vietti Pole Position

Nasib apes menimpa Sam Lowes. Ia harus rela posisi pole position harus diambil alih Celestino Vietti. Sam Lowes rupanya menginjak track limit sehingga catatan waktunya di hapus.

Hasil Kualifikasi Moto2 Qatar 2022, Celestino Vietti Pole Position
Hasil Kualifikasi Moto2 Qatar 2022, Celestino Vietti Pole Position

Menit.co.id – Hasil kualifikasi Moto2 Qatar 2022 menempatkan pembalap Celestino Vietti meraih pole position dan berhasil menggusur Sam Lowes, di Sirkuit Lusail pada Sabtu (5/3/2022).

Perebutan pole position dalam sesi kualifikasi Moto2 GP Qatar 2022 berakhir dengan dramatis. Awalnya, pole position di amankan Sam Lowes dari ELF Marc VDS Racing Team.

Catatan waktu Sam Lowes dengan lap terbaik 1 menit 58,905 detik. Hasil itu (seharusnya) membuat Sam Lowes menorehkan hat-trick pole position di Sirkuit Lusail.

Sebelumnya, ia mencatat waktu tercepat dalam kualifikasi GP Qatar dan Doha 2021. Sesaat setelah sesi kualifikasi Moto2 GP Qatar 2022, nama pembalap 31 tahun asal Inggris itu bahkan masih tertulis di puncak time sheet.

Akan tetapi, semuanya buyar setelah stewards mengumumkan catatan waktu tercepat Sam Lowes di hapus karena sang pembalap menginjak track limit tikungan ke-15.

Kualifikasi Moto2 Qatar 2022 Celestino Vietti Pole Position

Celestino Vietti dari Mooney VR46 Racing Team ketiban durian runtuh dari peristiwa tersebut. Catatan waktu 1 menit 59,082 detik menempatkan Celestino Vietti jadi pole sitter Moto2 GP Qatar 2022.

Dramatisnya lagi, Vietti membukukan catatan waktu itu lewat lap terakhirnya dalam sesi kualifikasi. Sebelumnya, ia masih bertengger di peringkat ke-11.

Sementara itu, peringkat kedua dalam sesi kualifikasi tadi di duduki oleh Tony Arbolino dari ELF Marc VDS Racing Team dengan catatan waktu terbaik 1 menit 59,194 detik.

Tony Arbolino unggul satu setrip atas rekan setimnya, Sam Lowes, yang pada akhirnya harus puas start di peringkat ketiga.

Pada sisi lain, sesi kualifikasi Moto2 GP Qatar 2022 sempat di warnai sejumlah kecelakaan. Salah satunya di alami oleh Pedro Acosta (Red Bull KTM Ajo).

Juara dunia Moto3 2021 itu sejatinya tampil cukup impresif. Namun, ia justru mengalami crash yang membuatnya tak bisa melanjutkan sesi dan harus puas start di posisi ke-10.

Banyaknya kecelakaan juga membuat sesi kualifikasi tak berjalan mulus karena bendera kuning membuat pembalap terganggu dalam membukukan catatan waktu tercepat.

Menurut rencana, sesi balapan Moto2 GP Qatar 2022 bakal di gelar pada Minggu (6/3/2022) mulai pukul 20.20 WIB.

Balapan di jadwalkan berlangsung selama 20 lap di Sirkuit Lusail, Qatar jika berada dalam kondisi normal.