Hasil Moto3 Belanda 2022, Ayumu Sasaki Juara

Hasil Moto3 Belanda 2022
Pembalap Sterilgarda Max Racing Team, Ayumu Sasaki (c) AP Photo

Menit.co.id – Hasil Moto3 Belanda 2022 keluar sebagai juara adalah pembalap Sterilgarda Husqvarna Max Team, Ayumu Sasaki, di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2022).

Ayumu Sasaki tampil cukup ciamik dan kemenangan ini sebagai kado ulang tahun kepada Max Biaggi berupa kemenangan di Moto3 Belanda, di Sirkuit Assen.

Ayumu Sasaki mendapat tekanan dari pembalap Moto3 lainnya yaitu dua GasGas Aspar, Izan Guevara dan Sergio Garcia di podium kedua dan ketiga.

Tekad bulat membuatnya terus berusaha bertahan di grup depan, meski sempat kehilangan posisi pertama dari Tatsuki Suzuki dan Izan Guevara.

“Butuh waktu lama untuk sampai di posisi ini. Butuh banyak latihan dan pengorbanan setiap hari. Musim ini sangat sulit dengan cedera, tapi saya punya motor bagus,” ujarnya.

“Saya berhasil menghemat ban di belakang Izan sehingga bisa menyerang di tiga lap akhir.” kata Sasaki melansir dari motorsport.

Duel Guevara dan Sasaki terlihat sejak lap kedua. Sejak saat itu, formasi empat besar terus berubah kecuali pembalap Spanyol.

David Munoz, Suzuki dan Sasaki mencoba memangkas gap dengan pemenang dua balapan sebelumnya.

Suzuki memulai balapan dengan bagus sehingga memimpin rombongan, di buntuti Ayumu Sasaki. Sementara, Izan Guevara mencoba menyerang dari dalam ketika mereka melewati trek lurus.

Dari P7, Sergio Garcia berusaha memperbaiki posisi sehingga membukukan 1 41,564. Jaume Masia menyingkirkan Suzuki dengan manuver luar biasa sehingga bisa menjangkau urutan keempat.

Elia Bartolini mengalami crash membuat bendera kuning berkibar di sektor 2 dan 3 lap 5.

Masia tak puas dan mendesak di bagian dalam jalur David Munoz sehingga tembus tiga besar pada lap 6. Scott Ogden mendapat insiden pada Tikungan 7.

Foggia dapat long lap penalty karena melewati track limit dan memotong jalan di final chicane, Diogo pun dijatuhi hukuman serupa.

Andrea Migno dan Ivan Ortola pun di ganjar long lap penalty serupa di lap 10 karena memotong chicane terakhir. Susunan lima teratas di huni Guevara, Sasaki, Masia, Munoz dan Suzuki.

Pada akhir lap 11, Masia kembali membuka peperangan dengan Sasaki. Rider Red Bull KTM Ajo pun menjangkau P2, yang di rebut kembali di pertengahan putaran berikutnya oleh lawan.

Karena Guevara mampu menjaga gap cukup jauh, pembalap Jepang itu jadi target pembalap di belakangnya. Ketika beberapa pembalap berada dalam grup, Munoz melanjarkan manuver brilian menyalip Masia dan Sasaki.

John McPhee pun mencuri momentum untuk naik ke P3 usai membukukan waktu lap terbaik. Tujuh lap tersisa, Guevara makin kokoh sedangkan dua posisi di belakangnya, di huni Sasaki dan McPhee.

Foggia mengalami kecelakaan Tikungan 2 di sisa lima lap setelah melintasi kerb akibat Munoz yang memepetnya.

Tiga lap terakhir, Sasaki memanfaatkan kelengahan Guevara untuk mengambil komando balapan. Persaingan makin pasan di dua putaran terakhir. Mereka berbalas serangan demi poin penuh.

Pada akhirnya, Guevara harus melupakan impian mengukir sejarah tiga kemenangan beruntun karena turun di urutan kedua. Sementara, Sergio Garcia melintasi garis finis di posisi ketiga.

Ketika tensi meningkat, Masia, Munoz dan McPhee terlibat insiden di Tikungan 9. Joel Kelso dan Adrian Fernadenz menutup balapan dengan cash di Tikungan 8.

Deretan insiden yang terjadi pada lap terakhir diinvestigasi oleh Race Direction. Kecelakaan tersebut membuat Mario Suryo Aji bisa finis pada urutan ke-18.