Hasil MotoGP Portugal 2022: Fabio Quartararo Juara

Hasil MotoGP Portugal 2022
Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 2 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Quartararo dan Morbidelli menempati posisi dua teratas dalam hasil gabungan latihan bebas alias free practice (FP) 1 dan 2 MotoGP Mandalika.

Menit.co.id – Hasil MotoGP Portugal 2022 keluar sebagai juara adalah Fabio Quartararo. Ia lebih dulu menyentuh garis finis di Sirkuit Portimao, Minggu 24 April 2022.

Pembalap Monster Energy Yamaha menjadi yang tercepat pada race MotoGP Portugal yang berlangsung di Sirkuit Algarve.

El Diablo -julukan Quartaro- tampil dominan di posisi terdepan hampir sepanjang balapan. Ia tampil cukup tenang saat mengendarai kuda besinya.

Johann Zarco dari Pramac Ducati dan Aleix Espargaro dari Aprilia menempati posisi kedua dan ketiga pada hasil MotoGP Portugal 2022.

Melengkapi urutan ke empat dan kelima ada Alex Rins dari Suzuki Esctar dan Miguel Oliveira yang merupakan pembalap tuan rumah.

Sementara itu, Marc Marquez berhasil finis di tempat keenam. Dan Francesco Bagnaia, yang mulai dari posisi terakhir berhasil naik ke posisi delapan besar.

Jalannya Balapan MotoGP Portugal 2022

Jalannya balapan, melaju di Sirkuit Algerve, Joan Mir, yang start dari posisi dua langsung melesat ke posisi terdepan begitu balapan di mulai.

Dia di ikuti oleh Fabio Quartararo dan juga Jack Miller di posisi dua dan tiga. Di sisi lain, Marc Marquez, yang memulainya dari tempat kesembilan turun ke posisi 11 setelah satu lap berjalan.

Namun sang adik, Alex Marquez, berada di posisi keempat. Setelah memimpin selama tiga lap awal, Mir akhirnya kehilangan posisi terdepan.

Dia di salip di trek lurus garis start oleh El Diablo -julukan Qu yang sangat cepat bersama M1 2022-nya. Lima lap balapan berjalan, Quartararo semakin menjauh dari kejaran Mir.

Kini dia memimpin dengan selisih 1,303 detik dari pembalap Suzuki Ecstar itu. Lalu, di posisi ketiga dan keempat ada Johann Zarco dan juga Jack Miller serta Alex Marquez yang melengkapi posisi lima besar.

Sementara itu, terjadi pertarungan sengit antara The Baby Alien -julukan Marc Marquez- dengan rekan setimnya, Pol Espargaro, di posisi sembilan dan 10.

Nasib sial di alami sang pemuncak klasemen, Enea Bastianini pada lap kesembilan. Dia terjatuh ketika menikung di Tikungan 8 dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Dua lap kemudian Quartararo mulai tidak terkejar. Dominasi pembalap asal Prancis itu sudah mencapai hingga lebih dari 3 detik di depan.

Balapan lebih seru terjadi di perebutan posisi kedua. Persaingan ketat terjadi antara Zarco, Mir, dan Jack Miller. Drama kemudian terjadi pada lap ke-19.

Miller melakukan kesalahan saat memasuki tikungan pertama, terjatuh, dan kemudian menyapu Mir dalam prosesnya. Alhasil kedua pembalap gagal finis.

Usai terjatuh Mir menunjukkan gestur sarkasme dengan bertepuk tangan di depan Miller. Mengingat sejarah buruk kedua pembalap, tindakan Mir sudah bisa di prediksi.

Namun kedua pembalap terlihat bersalaman dan berpelukan di pinggir trek. Insiden itu menguntungkan Aleix Espargaro yang naik ke posisi tiga.

Terlebih pembalap Aprilia itu sudah memiliki keunggulan lebih dari satu detik atas Alex Rins. Dominasi Quartararo sudah tidak tertahankan.

Memasuki tiga lap terakhir balapan MotoGP Portugal 2022, pembalap Yamaha itu sudah unggul 6,2 detik atas Zarco. Quartararo akhirnya menang di MotoGP Portugal 2022.

Hasil MotoGP Portugal 2022

1. F. QUARTARARO 41 menit 39,611 detik
2. J. ZARCO +5.409
3. A. ESPARGARO +6.068
4. A. RINS +9.633
5. M. OLIVEIRA +13.573
6. M. MARQUEZ +16.163
7. A. MARQUEZ +16.183
8. F. BAGNAIA +16.511
9. P. ESPARGARO +16.769
10. M. VINALES +18.063