Hasil Sprint Race MotoGP Catalunya 2024, Aleix Espargaro Juara

Aleix Espargaro Juara Sprint Race MotoGP Catalunya.
Aleix Espargaro Juara Sprint Race MotoGP Catalunya. (Sumber Foto: Aprilia Racing)

MENIT.CO.ID – Hasil sprint race MotoGP Catalunya 2024 keluar sebagai juara adalah Aleix Espargaro. Urutan kedua dan ketiga ada Marc Marquez dan Pedro Acosta.

Termasuk insiden yang melibatkan Francesco Bagnaia, tiga kali terjadi kecelakaan yang menimpa pimpinan balapan dalam sprint race MotoGP Catalunya 2024.

Balapan sepanjang 12 putaran tersebut berlangsung pada Sabtu (25/5/2024).

Bagnaia memulai balapan dengan sempurna. Ia melesat seperti roket dengan Desmosedici GP24-nya. Namun, bukan Marquez yang mengejarnya, melainkan Pedro Acosta.

Menariknya, pembalap muda ini berhasil menyalip Bagnaia pada putaran kedua. Tidak ingin kalah, sang juara 2023 kembali merebut posisi pertama pada putaran yang sama.

Duel untuk posisi teratas tidak berhenti sampai di situ. Setelah Acosta kembali mengambil alih posisi pertama, Raul Fernandez turut meramaikan persaingan.

Pembalap Trackhouse Racing Aprilia itu berhasil memimpin balapan dan mulai membuka jarak dengan para rivalnya. Namun, nasib buruk menghampirinya saat ia terjatuh, merelakan posisi pertama yang sudah dipegangnya.

Fernandez bukan satu-satunya yang mengalami kesialan. Brad Binder, yang sempat memimpin balapan, juga mengalami kecelakaan tidak lama setelah Fernandez.

Hilangnya dua pembalap terdepan membuat Bagnaia kembali memimpin hingga putaran ke-11. Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro, mengekor dengan jarak 0,6 detik.

Sementara itu, Marquez secara heroik berhasil naik 10 posisi dari start di urutan ke-14 dan berada di posisi ke-4 saat balapan menyisakan dua putaran.

Pada putaran terakhir, duel seru terjadi antara Marquez dan Acosta untuk posisi podium terakhir. Namun, nasib buruk kembali menimpa Bagnaia yang terjatuh tepat pada putaran terakhir, menyerahkan kemenangan kepada Espargaro yang diikuti oleh Marquez dan Acosta di posisi kedua dan ketiga.

Hasil Sprint Race MotoGP Catalunya 2024

Berikut adalah hasil lengkap sprint race MotoGP Catalunya 2024:

1. Aleix Espargaro – Aprilia Racing – Aprilia – 20’01.478
2. Marc Marquez – Gresini Racing – Ducati +0.892
3. Pedro Acosta – Red Bull GASGAS Tech 3 – KTM +1.169
4. Jorge Martin – Prima Pramac Racing – Ducati +2.147
5. Enea Bastianini – Ducati Lenovo Team – Ducati +2.980
6. Fabio di Giannantonio – Pertamina Enduro VR46 – Ducati +4.623
7. Jack Miller – Red Bull KTM Factory Racing – KTM +8.084
8. Maverick Vinales – Aprilia Racing – Aprilia +8.245
9. Marco Bezzecchi – Pertamina Enduro VR46 – Ducati +8.643
10. Fabio Quartararo – Monster Energy Yamaha – Yamaha +9.241