Hendrawan Minta Tak Bandingkan Anthony Ginting dengan Taufik Hidayat

  • Bagikan
Anthony Ginting dengan Taufik Hidayat
Anthony Ginting dengan Taufik Hidayat

Menit.co.id – Legenda bulutangkis Indonesia, Hendrawan secara tegas meminta masyarakat untuk tidak membandingkan Anthony Ginting dengan Taufik Hidayat.

Seperti diketahui, tunggal putra bulutangkis Indonesia, Anthony Ginting baru saja menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020.

Hasil ini diperoleh Ginting usai menggagalkan langkah si kuda hitam asal Guatemala, Kevin Cordon melalui dua game langsung.

Bermain di Musashino Forest Sports Plaza, Jepang, Ginting tampil prima dan bertanding tanpa mengalami banyak kendala, terbukti dengan menyudahi game pertama dengan skor 21-11.

Memasuki game kedua, Ginting juga terlihat menguasai permainan sejak awal hingga unggu 11-4 memasuki interval lalu memenangkan laga dengan skor 21-13.

Kemenangan tersebut membuat Ginting berhak naik podium ketiga, bersanding dengan peraih emas asal Denmark, Viktor Axelsen dan peraih perak asal China, Chen Long.

Prestasi Ginting pun tak pelak mengingatkan kita pada para legenda tunggal putra yang telah mengarumkan Indonesia lebih dahulu seperti Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro.

Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro merupakan legenda Indonesia peraih emas dan perunggu Olimpiade Athena 2004, sekaligus terakhir kali tunggal putra Indonesia berdiri di podium Olimpiade sebelum Ginting.

Kendati demikian, Hendrawan mengatakan dengan tegas untuk tidak bisa membandingkan perjuangan para atlet masa kini dengan para legenda lantaran sudah berbeda era.

Hal ini diungkapkan dalam wawancara bersama Yuni Kartika di video berjudul ‘NgulikOlympic Eps.07 – Akan Banyak Kejutan di Sektor Tunggal Putra!’ yang diunggah di kanal Youtube PBDjarum pada 29 Juli 2021.

Peraih perak Olimpiade Sydney 2000 tersebut menganggap prestasi para atlet muda seperti Ginting dan wakil tunggal putra Indonesia lainnya, Jonatan Christie sudah cukup baik.

Namun perjuangan mereka jangan dibandingkan dengan para legenda, selain itu masih banyak kesempatan terbuka bagi Ginting dan Jonatan mengingat umur mereka yang masih muda.

“Ini nggak gampang, karena kalau kita lihat prestasi Ginting dan Jonatan cukup bagus, tapi kalau dibandingkan dengan Taufik, ya susah, mereka masih muda dan mungkin kematangan mereka belum sampai ke sana.”

“Legenda itu dilahirkan menurut era mereka masing-masing. Taufik Hidayat nggak bisa dibandingkan dengan era Rudy Hartono, atau dulu Tan Joe Hok, masing-masing punya era keemasan mereka,” pungkas Hendrawan.

  • Bagikan