Ini Harga Tiket Piala Dunia Qatar yang Wajib Kamu Ketahui

Harga Tiket Piala Dunia

Menit.co.id – Harga tiket Piala Dunia Qatar tahun 2022 yang wajib kamu ketahui sebelum menonton pertandingan secara langsung di stadion. Yuk langsung saja simak ulasan lengkap di bawah ini.

Piala Dunia menjadi acara kompetisi sepak bola dunia setiap empat tahun sekali. Para pecinta sepak bola di seluruh dunia berbondong-bondong ke stadion untuk mendukung langsung tim kesayangannya.

Pada Piala Dunia 2022, mereka harus merogoh kantong dalam-dalam untuk bisa membeli tiket mahal Piala Dunia yang berlangsung di Qatar.

Dalam studi perbandingan tiket Piala Dunia oleh Reuters, suporter yang ingin menonton langsung laga Piala Dunia 2022 Qatar harus membayar tiket 40 persen lebih tinggi dari Piala Dunia 2018 Rusia.

Pada 2018, penonton membayar rata-rata GBP 214 pound atau hampir Rp 4 juta untuk satu kursi. Sementara tiket Piala Dunia di Qatar rata-rata dibanderol seharga GDP 286 pound atau Rp 5,3 juta.

Harga tiket Rp 5,3 juta tersebut dianggap yang termahal sepanjang sejarah perhelatan Piala Dunia. Yaitu dengan harga tiket final 59 persen lebih tinggi dari empat tahun lalu.

“Tidak mengherankan bahwa Piala Dunia di Qatar juga merupakan Piala Dunia dengan rata-rata tiket termahal,” kata studi tersebut, seperti dilansir dari Reuters, Kamis, 17 November 2022.

Tiket untuk Piala Dunia 2006 dianggap yang paling murah dalam 20 tahun terakhir. Yakni, dengan biaya rata-rata GBP 100 pound atau setara dengan Rp 1,85 juta.

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) mengatakan hampir tiga juga tiket di delapan stadion di Qatar telah terjual.

Sementara pihak Qatar disebut telah menghabiskan $229 miliar untuk membangun fasilitas pendukung Piala Dunia 2022.

Melansir Al Jazeera, FIFA mengungkapkan kepada lebih dari 200 pejabat negara anggotanya bahwa keuntungan yang diperoleh dari Piala Dunia 2022 Qatar mencapai $7,5 miliar.

Ini diperoleh salah satunya dari penjualan tiket, iklan, hak siar televisi, dan lainnya. Keuntungan tersebut diklaim $1 miliar lebih banyak daripada perhelatan Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia.

Penghasilan tambahan didukung oleh kesepakatan komersial dengan tuan rumah tahun ini. Qatar Energy bergabung sebagai sponsor utama dan sponsor tingkat ketiga yang baru.

Termasuk bank QNB Qatar dan perusahaan telekomunikasi Ooredoo. FIFA juga menambahkan, penawaran sponsor tingkat kedua tahun ini dari platform keuangan crypto.com dan penyedia blockchain Algorand.

Sebagian keuntungan akan dialokasikan FIFA untuk membayar komite penyelenggara negara tuan rumah, hadiah uang, perjalanan dan akomodasi untuk tim dan staf pendukung.

Pemenang Piala Dunia 2022 Qatar diketahui akan menerima $44 juta dari total hadiah sebesar $440 juta.