Insiden Senggolan, Joan Mir Sebut Jack Miller Pantas Dapat Penalti

  • Bagikan
Joan Mir dan Jack Miller
Joan Mir dan Jack Miller

Menit.co.id – Juara bertahan MotoGP Joan Mir percaya insiden senggolan yang dilakukan Jack Miller di balapan Doha hari Minggu itu sengaja dilakukan dan pantas mendapat penalti.

Mir telah memaksa pebalap Ducati melebar dengan langkah canggung ke tikungan 10 sebelumnya pada lap yang sama, saat mereka memperebutkan tempat kelima di tengah balapan.

Pembalap Suzuki itu mengangkat kakinya meminta maaf saat dia melewatinya, tapi saat dia keluar dari tikungan terakhir di garis yang lebih lebar, Miller melepaskan kecepatan superiornya di garis lurus.

Orang Australia itu melirik ke seberang saat dia memudar ke luar trek, sebelum menerobos bahu dengan Mir saat mereka saling membanting di ujung kerbing.

BACA : Marc Marquez Dianggap Masih Berpeluang Juara Dunia MotoGP 2021

Keduanya tetap mengontrol sebelum menggerakkan tangan dengan marah ke satu sama lain di lintasan lurus dan lagi di lap perlambatan, setelah finis di tempat ketujuh (Mir) dan kesembilan (Miller).

“Apa yang terjadi dengan Jack pada belokan 10 adalah bahwa itu adalah satu-satunya tempat yang bisa saya ambil alih. Saya mengambil posisi yang tepat. Dia memutuskan untuk tetap di luar. Dia mempertahankan garisnya. Kami bersentuhan sedikit. Saya mengangkat motornya,” Kata Mir dikutip dari Crash.

“Saya mengerti itu adalah manuver yang berisiko, tetapi tidak melewati batas. Tidak apa-apa. Kemudian saya menggerakkan kaki untuk meminta maaf karena ketika hal seperti ini terjadi dalam perlombaan, saya ingin meminta maaf, saya suka menghindarinya.

“Kemudian saya melebar di tikungan terakhir. Ketika saya melebar, saya melihat jack. Dia menggerakkan kepalanya seperti dia melihat saya. Saya pergi ke tepi jalan, di luar garis sebanyak yang saya bisa. Dia baru saja menyeberang. di atas saya dan kami berdua bersentuhan. Kami hampir menabrak di jalan lurus. Itu sangat berisiko, sangat berbahaya. Itu saja. ”

Race Direction mengumumkan selama balapan bahwa tidak ada tindakan lebih lanjut yang akan diambil, tetapi Mir merasa itu bukan insiden balapan biasa.

“Menurut saya memang disengaja… Tim saya akan menilai jika mereka harus mengajukan banding. Yang pasti itu harus diselidiki. Manuver ini sudah melebihi batas. Jika memang disengaja seperti yang saya katakan, dia pantas mendapat penalti. Jika tidak, tidak. Tapi saya pikir dia menggerakkan kepala [untuk melihat saya].

“Jika Anda punya waktu, bandingkan gambar Aleix dan saya dengan gambar Jack Miller dan saya sendiri. Aleix Espargaro melebar pada belokan terakhir. Dia melihat bahwa saya akan datang. Dia bergerak sedikit ke luar. Saya melihatnya juga. Saya tidak datang untuk memukulnya. Saya hanya menghormati rival.

“Saya pikir Jack tidak menunjukkan rasa hormat dalam kasus ini. Itu adalah manuver yang sama tetapi dengan pengendara yang berbeda. Anda dapat menilai.

“Untuk tim saya, manuver Jack bukanlah yang terbaik. Mereka akan memutuskan.”

Suzuki kemudian memberi tahu Crash.net bahwa, setelah meninjau video tersebut, mereka telah memutuskan untuk tidak mengajukan banding.

Sementara Miller mengecilkan insiden Mir.

“Ada beberapa kontak … Sedikit kontak di sana-sini. Itu hanya salah satu dari hal-hal itu. Semua orang melihat apa yang terjadi dan kami terus balapan setelah itu,” kata pembalap Australia itu.

“Maksud saya, saya dipukul, saya pikir sudah tiga kali sebelum [insiden itu]. Jadi sepertinya itulah yang terjadi pada balapan. Itu saja.

“Dia menatapku setelah balapan. Dan aku menatapnya. Memang seperti itu. Dia melebar dan masuk. Tidak ada orang lain yang peduli dengan keberadaan saya. Begitulah adanya.”

Miller juga mengungkapkan dia akan memeriksakan lengan kanannya dan mungkin menjalani operasi setelah berjuang dengan pompa lengan di lap penutup.

“Setelah insiden Mir saya bisa mendorong dan menutup celah. Saya melakukan beberapa lap terbaik saya dan kemudian saya mulai menderita pompa lengan di sisi kanan. Saya juga punya sedikit pompa lengan minggu lalu. Saya tidak. Kami tidak tahu apakah itu ada hubungannya dengan trek ini, atau berkaitan dengan angin. Kami perlu memahaminya. Jadi (kami akan) mungkin mencoba menyelesaikan sesuatu minggu ini, “kata # 43 itu.

“Kemungkinan besar [operasi],” dia menegaskan. “Saya dalam penerbangan malam ini. Kami akan mencoba dan menyelesaikan sesuatu. Jika kami melakukannya, itu harus dilakukan secepatnya. Perlu ada perubahan haluan yang cepat. Saya tidak ingin balapan seperti itu lagi. Saya merasa luar biasa sampai 4 lap terakhir ketika saya tidak bisa benar-benar merasakan tuas rem depan atau sehalus gas.

“Itu adalah sesuatu yang saya dapatkan di awal musim dan kemudian berhasil, tetapi dengan seberapa cepat semuanya berjalan, kami tidak punya waktu. Saya ingin bisa terus maju hingga akhir dan secara fisik. baik.

“Tapi kami finis 5 detik lebih dulu dan saya mungkin kalah 2 detik setelah insiden dengan Mir.”

Mir kembali ke Eropa di urutan keenam dalam kejuaraan dunia (18 poin dari Johann Zarco) dengan Miller di urutan kesembilan (-26 poin).

  • Bagikan