Jadwal MotoGP Inggris 2023 dan Format Baru Balapan

Jadwal MotoGP Inggris 2023

MENIT.CO.ID – Artikel ini tersaji informasi jadwal MotoGP Inggris 2023 dan format baru balapan yang bakal diterapkan kepada masing-masing pembalap.

MotoGP Inggris adalah seri Grand Prix motor balap motor yang diselenggarakan di Sirkuit Silverstone, Inggris. Seri ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1973 dan merupakan salah satu seri paling populer dalam Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Sirkuit Silverstone adalah sirkuit yang memiliki panjang 5,891 kilometer dan memiliki 18 tikungan. Sirkuit ini terkenal dengan kecepatannya yang tinggi dan tikungannya yang menantang.

Pembalap yang paling banyak memenangkan MotoGP Inggris adalah Valentino Rossi, yang telah memenangkan seri ini sembilan kali.

Pembalap lain yang pernah memenangkan seri ini adalah Marc Márquez, Jorge Lorenzo, Casey Stoner, dan Dani Pedrosa.

Jadwal MotoGP Inggris 2023:

  • Tanggal: 5-7 Agustus 2023
  • Lokasi: Sirkuit Silverstone, Inggris

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang MotoGP Inggris:

  • MotoGP Inggris adalah seri Grand Prix motor balap motor yang pertama kali diselenggarakan di Inggris.
  • Sirkuit Silverstone adalah sirkuit yang memiliki panjang 5,891 kilometer dan memiliki 18 tikungan.
  • Sirkuit Silverstone adalah sirkuit yang terkenal dengan kecepatannya yang tinggi dan tikungannya yang menantang.
  • Pembalap yang paling banyak memenangkan MotoGP Inggris adalah Valentino Rossi, yang telah memenangkan seri ini sembilan kali.
  • MotoGP Inggris adalah seri Grand Prix motor balap motor yang paling populer di Inggris.

MotoGP Inggris 2023 Terapkan Format Baru

MotoGP Inggris 2023 akan terapkan format baru. Komisi Grand Prix baru saja mengumumkan jadwal baru untuk balapan MotoGP.

Jadwal baru itu bakal berlaku mulai di balapan MotoGP Inggris yang dihelat Agustus mendatang. Dalam jadwal baru itu, kini sesi pada hari Jumat akan diberi nama ‘Free Practice 1’.

Sesi latihan bebas pada hari Jumat itu juga tidak lagi jadi penentu Q2 atau kualifikasi 2. Sementara itu sesi ‘Practice 2’ pada hari Jumat siang digunakan untuk menentukan Q2 dan Q1.

Berlanjut pada sesi ketiga di Sabtu pagi akan diganti dengan nama ‘Free Practice 2’. Seperti sesi sebelumnya, pada ‘Free Practice 2’ tidak jadi penentu untuk Q2.

Berikut jadwal MotoGP Inggris 2023 terbaru:

Jumat
Free Practice 1: 45 menit
Practie: 60 menit, dan menjadi penentu ke Q2

Sabtu
Free Practice 2: 30 menit
Q1: 15 menit
Q2: 15 menit
Sprint Race

Minggu
Warm-up: 10 menit
Balapan Utama

Sebagai perbandingan dengan format jadwal lama, kombinasi waktu Practice 1 dan Practice 2 digunakan untuk menentukan Q2 dan Q1. Kemudian mulai di MotoGP Inggris, Q2 dan Q1 ditentukan dari sesi Practice pada Jumat.

Balapan MotoGP Inggris sendiri bakal dihelat pada 6 Agustus 2023. Saat ini para pebalap tengah menikmati libur musim panas. Rider bakal melahap 20 putaran di Sirkuit Silverstone Inggris mulai pukul 19.00 WIB.

Motor-motor V4, terutama brand Eropa punya modal bagus di sini. Francesco Bagnaia merupakan pemenang MotoGP Inggris 2023. Kemudian disusul Maverick Vinales dari Aprilia, dan Jack Miller yang membela KTM.

Marc Marquez juga punya rekor di sini. Dia tercatat pemegang pole sitter dengan lima kali keluar sebagai pebalap tercepat dalam sesi kualifikasi.