Kemana Aleix Espargaro Pergi Usai MotoGP 2024?

Aleix Espargaro
Aleix Espargaro kuasai hari pertama tes MotoGP 2021 di Qatar. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)

MENIT.CO.ID – Nama Aleix Espargaro mendadak jadi topik perbincangan hangat para penggemar MotoGP. Hal tersebut terkait kabar pensiun usai kontrak habis pada 2024.

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, angkat bicara soal kariernya di MotoGP. Dia menegaskan bahwa 2024 bukanlah musim terakhirnya untuk menjadi seorang pembalap.

Sejatinya, dia saat ini merupakan pembalap MotoGP paling tua karena sudah berusia 34 tahun. Tetapi, gairah membalapnya tak kalah dari para pembalap muda lainnya.

Espargaro bisa jadi mengurungkan niatnya untuk pensiun jika masih bisa kompetitif di lintasan.

“Tidak, saya tidak berpikir tahun depan akan menjadi tahun terakhir saya,” ujar Aleix Espargaro, dipetik dari Crash, Jumat (22/12/2023).

“Saya sangat menikmati hidup saya, terlepas dari episode (dengan Morbidelli) di Qatar. Jadi, jika saya cepat, saya pikir saya akan balapan lebih lama,” lanjutnya.

Namun, hal yang menjadi keluhannya saat ini adalah jadwal balapan yang digelar akhir pekan. Aleix Espargaro mempertanyakan batasan dari penyelenggara itu sendiri.

“Tetapi, saya tidak menyukai jadwal (balapan akhir pekan) dan saya tidak menyukai kalendernya. Inilah yang saya rasakan. Saya memahami posisi penyelenggara (dan) mereka dapat mengadakan 45 balapan jika mereka mau. Tapi, di mana batasannya?” jelas Aleix.

Sebagaimana diketahui, Aleix Espargaro finis di peringkat keenam klasemen MotoGP 2023. Dia berada satu tingkat atas rekannya, Maverick Vinales, dengan poin 206 banding 204.

Aleix Espargaro bahkan masih bisa berhasil menjadi pemenang selama musim tersebut. Dia finis terdepan pada balap MotoGP Inggris 2023 mengasapi sang juara bertahan, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo).

Di seri sebelumnya, MotoGP Belanda 2023, Aleix Espargaro mampu meraih podium. Dia finis di urutan ketiga persis di belakang Bagnaia dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46).