Marc Marquez Kembali Memakai Spesifikasi Lawas

  • Bagikan
Marc Marquez
Marc Marquez diyakini segera bangkit dari cedera parah (Getty Images/Mirco Lazzari gp)

Menit.co.id – Marc Marquez merasakan hal aneh dengan RC213V spesifikasi 2021, mendorongnya untuk kembali memakai spesifikasi lawas yang sudah diketahuinya.

Marc Marquez mengonfirmasi tidak lagi menggunakan sasis terbaru Honda MotoGP setelah merasa ‘ada yang aneh’ dengan RC213V spek 2021.

Pembalap Spanyol itu tidak dapat mengambil bagian dalam pengembangan sepeda dari Juli 2020 hingga April 2021 karena komplikasi dengan patah lengan kanan. Selama itu, Honda tidak meraih satupun kemenangan, namun bisa mendapat dua podium untuk Alex Marquez, dan satu pole untuk Takaaki Nakagami.

Setelah kembali dari cedera panjang, Marc Marquez dibekali RC213V spesifikasi 2021 dengan mesin 2020, namun dengan modifikasi lebih lanjut di area lainnya, khususnya sasis. Tapi seiring kondisinya yang mulai pulih, juara dunia delapan kali itu mulai meragukan performa motor barunya.

“Tahun lalu saya tidak balapan. Honda HRC terus mencoba item baru untuk pengendara yang balapan, beberapa item itu mereka suka dan simpan di motor dan yang pasti performa motornya tidak buruk,” jelas Marquez.

“Alex finis dua kali di podium dan di balapan terakhir dia konsisten di sepuluh besar. Nakagami juga cepat, pole position di Aragon.

“Pada balapan pertama saya [belakang] saya tidak dapat memahami motornya, tetapi segera setelah saya mulai mengerti, saya merasakan sesuatu yang aneh dan kemudian saya mulai menganalisis dengan semua tim dan insinyur Honda apa yang mereka lakukan di pra-balapan. musim, di Qatar.

“Mereka mengubah beberapa hal, semua pembalap di tes Qatar menyukainya dan mempertahankannya, tetapi performanya sama, atau bahkan lebih buruk. Jadi jika Anda menyukai sesuatu, Anda harus lebih cepat di trek.

“Jadi saat itulah kami mulai melihat semua hal ini dan kami tiba pada satu titik di mana saya berkata, ‘oke, saya ingin kembali ke sesuatu yang saya tahu’. Dan sesuatu yang saya tahu adalah 2019 atau 2020 di Jerez.

“Sekarang kami berlomba dengan basis itu… dan dari basis itu kami mulai bekerja. Set-up lebih dekat ke 2019 dan sekarang semua Honda mencari motor yang sama seperti yang saya gunakan, karena saya satu-satunya yang menggunakan motor yang sedikit berbeda.”

Marquez, yang merasa ‘kurang lebih’ telah kembali ke gaya berkendara sebelumnya sejak Mugello, juga berencana untuk mencoba kembali komponen terbaru “Yang sudah digunakan oleh yang lain, tetapi itu untuk menemukan cara agar tahun 2022 tidak meningkat untuk tahun ini.”

Banyak yang menduga mesin adalah akar penyebab masalah grip belakang Honda, sesuatu yang tidak bisa dimodifikasi hingga 2022.

Meskipun demikian, setelah kemenangan Sachsenring akhir pekan lalu, rekan setim baru Pol Espargaro berencana untuk beralih ke sasis dan pengaturan Marquez dalam waktu dekat untuk membantu adaptasinya dengan Honda.

“Memang benar Pol saat ini sedikit kesulitan untuk mencoba menemukan cara agar bisa cepat dan terutama konsisten dengan Honda. Juga pebalap Honda lainnya juga sedikit kesulitan, mungkin Nakagami yang lebih mengerti jalannya. berkendara,” kata Marquez.

“Tapi Sachsenring tidak membuat segalanya menghilang. Kami berada di saat yang sulit, saya tidak membantu motor, motor tidak membantu saya dan kompromi ini membuat segalanya lebih sulit.

“Tapi kami sedang dalam perjalanan dan di sini kami akan mencoba beberapa hal dan selangkah demi selangkah, mari kita lihat apakah di paruh kedua musim ini kami bisa mulai mempersiapkan 2022.

“[Menang] adalah motivasi besar di sisi mental dan kami yakin bahwa kami bisa melakukannya, tetapi di masa depan, tidak sekarang. Ini akan menjadi target, akhir pekan ini kami akan mencoba melakukan langkah, tetapi lakukan langkah dibandingkan dengan Mugello-Montmelo, bukan Sachsenring.

“Sachsenring adalah Sachsenring, di trek balap lain akan berbeda. Ini berarti mencoba untuk berada di sepuluh besar, bukan lebih baik.”

  • Bagikan