Matteo Gabarrini Resmi Jadi Anggota Baru VR46 Riders Academy

Matteo Gabarrini Resmi Jadi Anggota Baru VR46 Riders Academy

MENIT.CO.ID – Matteo Gabarrini resmi jadi murid atau anggota baru VR46 Riders Academy. Ini menjadi kabar baik dan menambah daftar murid Valentino Rossi.

Akademi Balap Valentino Rossi, VR46 Riders Academy, secara resmi menambahkan anggota baru ke dalam tim menjelang musim MotoGP 2024. Penerimaan anggota baru ini diberikan kepada Matteo Gabarrini, seorang pembalap muda berusia 14 tahun asal Italia. Pengumuman ini dibuat pada hari Kamis, 11 Januari 2024.

Diketahui bahwa VR46 Riders Academy didirikan oleh Valentino Rossi pada tahun 2013 dan berpusat di Tavullia, Italia. Franco Morbidelli, yang telah bergabung dengan latihan Rossi sejak tahun 2010, menjadi anggota pertama, diikuti oleh adik Rossi sendiri, Luca Marini.

Pada tahun 2022, Rossi memiliki sembilan murid. Namun, pada tahun 2023, jumlah murid berkurang menjadi enam setelah Niccolo Antonelli, Stefano Manzi, dan Alberto Surra memilih untuk hengkang. Dan pada tahun ini, anggota tim kembali berkurang.

Andrea Migno adalah salah satu anggota VR46 Riders Academy yang memilih untuk tidak aktif dalam kompetisi. Mulai musim ini, Migno bergabung dengan skuad Pertamina Enduro VR46 Racing Team sebagai asisten pelatih dan analis video di MotoGP, bekerja sama dengan pelatih skuad tersebut, Idalio Gavira.

Setelah keputusan Migno untuk tidak berkompetisi, VR46 Riders Academy memutuskan untuk merekrut Matteo Gabarrini sebagai anggota baru. Pembalap yang akrab disapa ‘Gaba’ ini lahir di Senigallia pada 9 Mei 2009 dan dikenal menggunakan nomor balap 81.

‘Gaba’ memiliki keunikan sebagai putra dari crew chief Pecco Bagnaia di Ducati Lenovo Team, yaitu Cristian Gabarrini. Gabarrini juga pernah menjadi crew chief yang membantu Casey Stoner meraih gelar juara pada tahun 2007 dan 2011, serta pernah menjadi eks crew chief Jorge Lorenzo dan Jack Miller.

VR46 Riders Academy menyambut kedatangan Matteo Gabarrini dengan mengumumkannya melalui platform X, “Selamat datang, Matteo! Kami sangat senang mengumumkan bahwa Matteo Gabarrini telah resmi bergabung dengan VR46 Riders Academy. Setelah berpartisipasi dalam beberapa kegiatan motorsport bersama para rider Academy yang sudah terkonsolidasi saat ini, Matteo kini menjadi bagian resmi dari kelompok ini.”

Gaba, yang aktif berlaga di kategori PreMoto3, telah beberapa kali mengikuti latihan bersama anggota senior VR46 Riders Academy. Selain itu, ia juga akan berpartisipasi dalam balapan flat track persahabatan tahunan, La 100km dei Campioni, yang diselenggarakan di Motor Ranch pada tanggal 12-13 Januari 2024.

“Saya sangat senang dapat menjadi bagian dari Academy, dan saya berterima kasih kepada Valentino dan semua orang yang memberi saya kesempatan luar biasa ini. Situasi ini sangat tepat bagi saya untuk tampil baik tahun ini, dan saya berharap dapat memberikan usaha maksimal demi hasil terbaik,” ujar Gabarrini.