Max Verstappen Juara Dunia F1 2021 dan Gusur Kejayaan Lewis Hamilton

Max Verstappen

Menit.co.id – Max Verstappen, pembalap tim Red Bull Racing berhasil keluar sebagai juara dunia F1 2021 dan menggusur mahkota juara Lewis Hamilton.

Selain menjadi orang Belanda pertama juara dunia Formula 1 2021, Max Verstappen tampil cukup baik selama gelaran balapan mobil atau jet darat ini.

Verstappen bertarung hingga putaran terakhir F1 2021 Abu Dhabi Grand Prix, Minggu (12/12/2021) malam WIB, dengan juara bertahan Lewis Hamilton.

Keduanya sama-sama punya 367,5 poin. Itu artinya siapapun yang memenangi GP ini, maka berhak menyandang status juara dunia.

Pertarungan cukup sengit sejak lap pertama. Hamilton berhasil menyalip Verstappen yang meraih pole di tikungan pertama. Persaingan keduanya langsung sengit selepas start.

Hamilton mampu menyalip Verstappen. Kedua pebalap kemudian sempat bersenggolan di tikungan. Verstappen setelahnya terus menempel ketat Hamilton yang sepertinya akan sulit di salip.

Tapi, momentum Verstappen datang ketika safety car muncul di tiga lap tersisa karena Nicholas Latifi menabrak dinding. Di lap terakhir, Verstappen lantas menyalip Hamilton yang ban mobilnya sudah aus.

Verstappen mempertahankan posisi terdepan hingga akhir balapan dan berhak merayakan gelar juara dunia pertamanya. Verstappen finis dengan 394,5 poin di papan klasemen F1, unggul enam poin atas Hamilton di posisi kedua.

Ini jadi pesta besar untuk Verstappen dan juga rakyat Belanda yang akhirnya bisa melihat pebalapnya menjadi juara dunia. Sebab ini jadi kali pertama pebalap Negeri Kincir Angin itu berjaya di F1.

Tak cuma itu, Max Verstappen juga sukses mengakhiri puasa gelar juara dunia F1 Red Bull Racing yang sudah berlangsung sejak 2013. Saat itu Red Bull berjaya bersama Sebastian Vettel yang menjuarai F1 periode 2010 hingga 2013.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS