Max Verstappen Kunci Juara Dunia F1 2022 di Jepang

Max Verstappen

Menit.co.id – Max Verstappen kunci juara dunia F1 2022 usai memenangi balapan yang berlangsung di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu 9 Oktober 2022 waktu setempat.

Pembalap Oracle Red Bull Racing, Max Verstappen kunci gelar juara dunia Formula 1 2022 di lintasan basah akibat hujan desar mengguyur di Sirkuit Suzuk.

Ini adalah gelar juara dunia Max Verstappen di kejuaraan Formula 1. Hujan yang lebat membuat start balapan ini penuh drama akibat rendahnya visibilitas para pembalap.

Verstappen langsung memimpin, di ikuti Charles Leclerc. Namun, Sebastian Vettel mengalami spin dan terseret ke area run-off usai bersenggolan dengan Fernando Alonso.

Carlos Sainz jr juga mengalami spin, begitu pula Zhou Guanyu. Akibat Sainz menabrak dinding pembatas, papan iklan yang ada di tepi trek terlepas dan tersangkut di area depan mobil Pierre Gasly.

Gasly terpaksa masuk ke pit untuk mengganti sayap depan mobilnya. Di lain sisi, Alex Albon menepi dari trek akibat kendala teknis. Berbagai insiden ini memaksa Safety Car masuk ke lintasan.

Namun, tak lama kemudian, bendera merah tanda sesi dihentikan dikibarkan pada Lap 3. Akibat cuaca yang tak membaik, restart ditunda selama 2,5 jam.

Seisi paddock pun marah mereka karena traktor sirkuit berada di dalam trek saat mobil para pembalap masih melaju ketika bendera merah dikibarkan.

Menurut mereka ini situasi yang sangat berbahaya, mengingatkan mereka pada insiden yang merenggut nyawa Jules Bianchi di trek yang sama pada 2014.

Setelah 2,5 jam penantian, hujan tak kunjung reda, tetapi level kelebatannya berkurang.

Balapan lalu dilanjutkan dengan rolling start di mana para pembalap melakukan restart di belakang Safety Car selama tiga lap, dan melanjutkan balapan dengan durasi 40 menit.

Setelah Safety Car keluar dari lintasan, Verstappen langsung memimpin, kembali diikuti oleh Leclerc dan Sergio Perez.

Dalam dua lap, mayoritas pembalap memilih pit stop untuk mengganti ban basah ke ban intermediate karena merasa kondisi lintasan tak seburuk situasi pada 2,5 jam sebelumnya.

Verstappen pun melenggang di depan, sementara Leclerc harus susah payah mempertahankan diri dari serangan Perez.

Menjelang finis, ban Leclerc aus dan ia terus-terusan mengalami selip. Di chicane terakhir, ia kembali selip sehingga memotong jalur trek. Aksi tersebut diprotes oleh Perez lewat radio tim.