MotoGP India 2024 Terancam Batal Akibat Masalah Pembayaran Promotor Lokal

MotoGP India 2024 Terancam Batal
MotoGP India 2024 Terancam Batal. (Sumber foto: Iwanbanaran.com)

MENIT.CO.ID – MotoGP India 2024 kemungkinan besar akan dicoret dari kalender balap. Promotor lokal, Fairstreet Sports, dilaporkan belum memenuhi kewajiban pembayaran sesuai kontrak.

Menurut laporan Autosport pada Selasa (14/5/2024), balapan di Buddh International Circuit yang dijadwalkan pada 19-22 September 2024 terancam dibatalkan karena Fairstreet Sports belum melunasi pembayaran.

Dorna, selaku penyelenggara MotoGP, memberikan tenggat waktu hingga 20 Mei kepada Fairstreet Sports untuk menyelesaikan pembayaran tersebut.

Status MotoGP India masih belum jelas karena Fairstreet Sports tidak memenuhi komitmen keuangan yang tercantum dalam kontrak, meskipun jumlah pasti yang harus dibayar tidak disebutkan.

Jika pembayaran tidak dilakukan hingga 20 Mei 2024, MotoGP India 2024 akan dibatalkan, membuka peluang bagi Kazakhstan untuk menggantikan Grand Prix India.

MotoGP Kazakhstan awalnya dijadwalkan pertengahan Juni, tetapi ditunda hingga akhir tahun 2024 karena keadaan darurat nasional akibat banjir.

Menanggapi rumor tentang ‘pertukaran’ India-Kazakhstan, juru bicara Dorna mengatakan kepada Crash.net bahwa pihaknya masih menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai kedua balapan tersebut.

Selain itu, menurut laporan Times of India pada Maret 2024, Fairstreet Sports mendapat kritik dari Dhirendra Singh, anggota legislatif Jewar, India.

Fairstreet Sports dituduh melakukan penyimpangan keuangan, termasuk tidak membayar penuh biaya lisensi kepada Dorna dan vendor yang membantu acara, meskipun sudah menerima dana dari pemerintah India.

Beberapa perusahaan yang membantu Fairstreet dengan layanan seperti kebersihan dan keamanan mengeluh kepada legislator karena belum dibayar sejak gelaran MotoGP 2023.

Singh meminta pemerintah untuk tidak memberikan dana tambahan tahun ini sampai Fairstreet menyelesaikan pembayaran dari acara tahun lalu.

Fairstreet membantah tuduhan tersebut. “Jika ada masalah mengenai biaya lisensi dengan Dorna, kami tidak akan mengumumkan acara balapan di India untuk tahun 2024. Kami sudah membayar sebagian besar penyedia layanan dan sedang dalam proses menyelesaikan pembayaran yang tersisa. Beberapa perusahaan mengajukan tagihan yang meningkat, yang perlu kami periksa,” kata Pushkar Nath Srivastava, Kepala Operasi Fairstreet.