MotoGP Prancis 2024: Luca Marini Mencari Titik Terang di Musim yang Suram

Luca Marini

MENIT.CO.ID – Memasuki seri kelima MotoGP 2024, Luca Marini masih terjebak dalam performa yang kurang memuaskan bersama Repsol Honda. Adik Valentino Rossi ini pun mengevaluasi hasil balapannya yang jauh dari harapan.

Musim ini menjadi pertaruhan besar bagi Marini setelah direkrut Honda untuk mengisi kursi Marc Marquez. Namun, transisi ke RC213V ternyata jauh lebih berat dari yang dibayangkan.

Performa Marini bagaikan langit dan bumi dibandingkan saat ia masih membalap dengan Ducati Desmosedici GP. Dulu, ia mampu bersaing di papan atas dan meraih podium. Kini, menembus 15 besar dan meraih poin pun terasa bagaikan mimpi.

“Saya pikir proyek baru yang diberikan Honda kepada kami di awal musim tidak benar-benar berhasil,” ungkap Marini, dikutip dari Speedweek. “Kami semakin jauh dari sebelumnya, dari musim lalu. Tidak ada yang mengharapkan ini terjadi.”

Walaupun demikian, Marini berusaha tegar dan bersabar. Ia memahami bahwa kemajuan di Repsol Honda membutuhkan langkah-langkah kecil dan waktu.

“Kolaborasi ini berjalan baik dan saya pikir kami sudah melakukan pekerjaan dengan baik,” kata Marini. “Hanya saja saat memulainya, kami masih terlalu jauh. Dan sekarang kami mengambil langkah sedikit demi sedikit. Itu hal normal, karena memang tidak mudah untuk memperbaikinya.”

Honda diketahui berinvestasi besar dalam pengembangan aerodinamika RC213V. Marini pun menaruh harapan besar pada aspek ini untuk membawa perubahan signifikan pada performa motor.

“Aerodinamika merupakan faktor penting. Anda dapat membuat perbedaan besar dengan hal itu. Itulah mengapa kami berinvestasi besar di aspek ini,” ujar Marini.

“Kami telah melihat seberapa besar perkembangan bidang ini dalam beberapa tahun terakhir, dan Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan setiap area motor.”

Marini optimis bahwa dengan kerja keras dan ketekunan, ia dan tim Honda dapat menemukan solusi untuk meningkatkan performa RC213V. Ia pun berharap dapat segera bangkit dan meraih hasil yang lebih baik di sisa musim ini.