Pembalap Gresini Racing Bersiap Menantikan Rivalitas dan Kekompakan di MotoGP 2024

Gresini Racing

MENIT.CO.ID – Gresini Racing menjadi tim balap MotoGP yang terus mendapat sorotan dari publik. Hal ini menyusul bergabungnya Marc Marquez usai pergi dari Repsol Honda.

Gresini Racing memiliki pembalap Alex Marquez dan Marc Marquez. Keduanya diminta kompak sebagai rekan satu tim sekaligus rivalitas sepanjang kompetisi MotoGP 2024.

“Rekan satu tim adalah rival pertama. Kami berdua di sini untuk berkompetisi, itu ada dalam gen kami. Wajar jika saya bisa mengalahkan Alex atau pun sebaliknya, Alex bisa mengalahkan saya,” kata Marc Marquez, Jumat.

Pembalap asal Cervera Spanyol itu menjadi satu-satunya pasangan kakak beradik kandung yang berkompetisi bersama di kelas premier. Mereka sebelumnya telah melakukannya pada 2020 di Honda.

Bagi Marc, ini juga menandai lembaran baru untuknya, menyusul keputusan penting untuk meninggalkan tim pabrikan Honda (HRC) yang telah bersama dengannya selama 11 tahun dan meraih delapan gelar juara dunia.

Dengan pindah ke tim satelit Ducati, terlebih ia akan mengarungi musim 2024 dengan sang adik, bagi Marc merupakan hal yang sangat spesial.

“Yang utama bagi kami adalah juga berusaha untuk membantu satu sama lain seperti yang selalu kami lakukan di rumah. Lalu di lintasan, masing-masing dari kami punya tim teknis dan permasalahannya masing-masing. Bahkan tidak baik untuk berbicara terlalu banyak karena kadang-kadang, komentar dari saya mungkin terdengar sangat berbeda baginya,” jelas Marc.

“Jadi kami akan melanjutkan seperti sebelumnya, dengan tim teknis masing-masing. Namun, di rumah, kami akan saling membantu semaksimal mungkin untuk mempersiapkan diri dengan baik di balapan akhir pekan,” ujarnya menambahkan.

Meskipun ini merupakan debut Marc dengan mesin pabrikan Italia, sang adik sudah memiliki pengalaman satu musim dengan beberapa kesuksesan, seperti dua kemenangan Sprint dan dua podium grand prix pada 2023.

Alex mengatakan, kehadiran Marc akan menjadi pemacu semangat baginya karena mereka bersaing dan berada di tim yang sama.

“Dalam pengalaman pribadi saya, ketika saya memiliki rekan setim yang sangat akrab dengan saya, itu adalah tahun-tahun terbaik saya, seperti pada 2019 ketika saya memiliki Xavi Vierge sebagai rekan setim di Moto2 dan saya menjadi juara dunia,” kata Alex.

Sementara itu, setelah uji coba pertama di Valencia tahun lalu, sesi uji coba MotoGP 2024 kedua akan digelar di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, pada 6-8 Februari.

Musim mendatang akan dibuka dengan putaran pertama di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada 8-11 Maret. (ANTARA)