Tim VR46 Dapat Sponsor Saudi untuk MotoGP 2022 Sampai 2026

  • Bagikan
aramco vr46

Menit.co.id – Tim VR46 Valentino Rossi mendapatkan dukungan Saudi untuk entri penuh MotoGP di Kejuaraan Dunia MotoGP 2022.

Setelah terjun ke kelas utama dengan menjalankan Luca Marini dalam tim Esponsorama musim ini, skuad VR46 Valentino Rossi telah mengamankan dukungan untuk entri penuh MotoGP sendiri dari tahun 2022.

“Pada 2022 Tim VR46 akan debut di kelas MotoGP bersama Tanal Entertainment Sport & Media dengan Saudi Aramco, sebagai Sponsor Utama baru untuk periode 2022-2026,” bunyi siaran pers dari Tanal Entertainment Sport & Media.

Grafik mesin VR46 bermerek Aramco juga dirilis – mungkin hanya untuk keperluan ilustrasi, tapi motor yang digunakan adalah Yamaha M1.

Yamaha saat ini memasok mesin satelit MotoGP ke Petronas dan, meskipun belum ada kesepakatan yang diumumkan secara resmi dengan tim Malaysia yang sukses untuk tahun 2022, negosiasi pembaruan dikatakan berada pada tahap lanjutan.

Tapi bukan hanya M1 yang saat ini tersedia untuk siklus kontrak 2022-2026 berikutnya antara tim dan Dorna.

Suzuki dan Aprilia juga mencari tim satelit musim depan, sementara jika Esponsorama membuka jalan untuk VR46 maka Ducati juga akan membutuhkan tim baru untuk mempertahankan pasokan enam motornya saat ini (seperti yang diharapkan).

Kesepakatan Aramco-VR46 termasuk melanjutkan Moto2, karena branding Saudi secara efektif menggantikan Sky Italia pada motor VR46 (Sky juga dianggap sebagai pemilik bagian dari tim VR46).

Rossi sendiri belum memutuskan apakah akan membalap pada 2022, juara dunia sembilan kali yang saat ini hanya memiliki kontrak satu tahun dengan Petronas.

Tapi mungkinkah The Doctor mempertimbangkan untuk tampil di musim debut untuk tim VR46 MotoGP-nya, mungkin bersama adik laki-lakinya Marini, sebelum menyerahkan kursinya kepada salah satu bintang Moto2 muda Akademi untuk tahun 2023?

Rekan setim Rossi saat ini di Petronas dan pembalap asli VR46 Academy, Franco Morbidelli, baru-baru ini mengecilkan anggapan bahwa dia mungkin akan menjadi kandidat VR46 MotoGP dalam waktu dekat, mengatakan kepada Crash.net:

“Balapan untuk VR46 mungkin di masa depan yang jauh bisa menjadi hal yang baik, tapi saya pikir VR46 harus membidik talenta muda dari Akademi untuk dibesarkan,” kata runner-up gelar MotoGP itu.

“Saya sudah menghabiskan empat tahun di MotoGP dan, ya saya masih muda, tapi saya tidak semuda itu! Jadi saya tidak berpikir saya menjadi target tim VR46 Riders ‘Academy.”

Morbidelli, Marini dan Ducati Francesco Bagnaia adalah pebalap VR46 Academy yang sudah berkompetisi di kelas MotoGP.

  • Bagikan