Toprak Razgatlioglu Pemenang Race 2 WSBK Assen 2024

Toprak Razgatlioglu Pemenang Race 2 WSBK Assen 2024

MENIT.CO.ID – Hasil Race 2 WSBK Assen 2024 di Belanda, keluar sebagai pemenang adalah Toprak Razgatlioglu, pada Minggu (21/4/2024) waktu setempat.

Ini merupakan kemenangan perdana Toprak Razgatlioglu bersama tim barunya. Pembalap BMW itu memenangi Race 2 di Assen. Akhirnya, ia bisa naik podium tertinggi di sana.

Ini juga sukses perdana tim pabrikan asal Jerman itu di Belanda. Alvaro Bautista jadi runner-up dan Remy Gardner bertengger di posisi ketiga.

Setelah memenangi Superpole Race, Bautista memulai balapan terakhir dari posisi terdepan. Sang juara dunia berbagi barisan pertama dengan rekan setimnya di Aruba.it Ducati, Nicolo Bulega, dan pembalap Kawasaki, Alex Lowes. Sedangkan, Toprak Razgatlioglu hanya start dari grid 9.

Saat start, suhu udara mencapai 9°C dan aspal telah menghangat hingga 17°C. Setengah jam sebelum balapan dimulai, rintik hujan kembali turun di sektor keempat. Namun awan berangsur-angsur bergerak dan para pembalap dapat memulai balapan utama kedua dalam kondisi sedikit kering.

Dalam kondisi ini, para pembalap memiliki pilihan ban berbeda. Baris pertama dari grid mengandalkan campuran SCX. Jonathan Rea (Yamaha) dan dua pembalap pabrikan BMW, Michael van der Mark dan Toprak Razgatlioglu, memilih ban SC0 yang lebih keras.

Alex Lowes kalah dalam start dan turun ke posisi 8. Andrea Locatelli dan Jonathan Rea tampil lebih baik di atas dua motor pabrikan Yamaha, naik ke P2 dan P3 di lap pertama.

Bautista keluar dari lap pertama sebagai pemimpin, tetapi Locatelli terus menguntit. Setelah itu terjadi beberapa perubahan posisi.

Nicolo Bulega mengambil alih urutan ketiga di depan Remy Gardner. Rea bergerak dari P6 dan melaju di belakang Razgatlioglu, yang berhasil naik empat posisi.

Scott Redding (Bonovo-BMW) menjadi korban kecelakaan pertama di sesi itu. Di akhir lap kedua, ia terjatuh di chicane terakhir. Balapan berjalan jauh lebih baik bagi rekannya di BMW, Razgatlioglu, yang berhasil naik ke P3 di lap ketiga..

Melansir dari Motorsport, Pembalap Turki menjadi pembalap dengan waktu lap tercepat di lintasan namun kesulitan melewati Gardner. Tiga pembalap teratas hanya berjarak setengah detik.

Pada lap 6, Razgatlioglu berhasil menyalip Remy Gardner. Satu lap kemudian, Razgatlioglu mengambil alih posisi terdepan. Dengan sebuah manuver di chicane, ia berhasil melewati Bautista.

Rintik hujan kembali turun. Juara WSBK 2021 itu tidak terpengaruh dan terus mencatatkan waktu putaran yang kuat. Bautista terus mengikutinya, begitu juga dengan dua Yamaha yang dikendarai Gardner dan Locatelli.

Andrea Iannone (GoEleven-Ducati), Michael van der Mark dan Nicolo Bulega juga berada di grup terdepan.

Sial tak bisa ditolak Jonathan Rea yang bertabrakan dengan mantan rekan setimnya, Alex Lowes. Jonathan Rea dan Alex Lowes bertabrakan di lap kesepuluh.

Lowes keluar dari balapan, sedangkan mantan rekan setimnya di Kawasaki kembali ke motornya dan melanjutkan balapan di posisi terakhir.

Di depan, Bautista, Razgatlioglu dan Gardner dengan mudah melesat meninggalkan para pengejarnya. Di belakang mereka, Iannone, Locatelli, Van der Mark dan Bulega berduel untuk memperebutkan posisi keempat. Hujan makin deras dan waktu lap menjadi lebih lambat.

Kondisi yang sulit membuat 7 besar kembali bergerak bersama. Remy Gardner mengambil risiko besar dan memimpin 10 lap sebelum akhir balapan WSBK Assen 2024. Waktu putarannya lebih lambat empat detik dibandingkan dengan awal balapan.

Hasil Race 2 WSBK Assen 2024

Berikut hasil lengkap Race 2 WSBK Belanda yang berlangsung di Sirkuit Assen pada Minggu (21/4/2024) waktu setempat:

1. Toprak Razgatlioglu – Rokit BMW Motorrad WorldSBK – 21 lap
2. Alvaro Bautista – Aruba.it Racing Ducati +0.625
3. Remy Gardner – GYRT GRT Yamaha WorldSBK +1.022
4. Andrea Iannone – Team GoEleven Ducati +3.120
5. Andrea Locatelli – Pata Yamaha Prometeon +3.217
6. Sam Lowes – Elf Marc VDS Racing Ducati +5.174
7. Dominique Aegerter – GYRT GRT Yamaha WorldSBK +5.538
8. Nicolo Bulega – Aruba.it Racing Ducati +6.337
9. Michael van der Mark – Rokit BMW Motorrad WorldSBK +8.059
10. Xavi Vierge – Team HRC +19.453
11. Tarran Mackenzie – Petronas MIE Honda +19.556
12. Garrett Gerloff – Bonovo Action BMW +21.771
13. Michael Ruben Rinaldi – Motocorsa Racing Ducati +22.322
14. Philipp Oettl – GMT94 Yamaha WorldSBK +31.822
15. Tito Rabat – Puccetti Kawasaki +35.305
16. Nicholas Spinelli – Barni Spark Racing Team +35.392
17. Bradley Ray – Yamaha Motoxracing +37.947
18. Axel Bassani – Kawasaki Racing Team +43.360
19. Jonathan Rea – Pata Yamaha Prometeon +1′
20. Adam Norrodin – Petronas MIE Honda +1′
21. Alex Lowes – Kawasaki Racing Team (DNF)
22. Scott Redding – Bonovo Action BMW (DNF)